Efektivitas Penerapan Mobile Meter Reading (MMR) pada PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada PDAM Kabupaten Malang)

Authors

  • Amanda Hellena Putri Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Effectiveness of Mobile Meter Reading Implementation in Increasing the Public Service Quality in PDAM (Study at PDAM Malang Regency). In order to achieve the organization’s goal, the effectiveness of public quality service, which is the criteria of success of an organization, should be evaluated. Then, if we relate the effectiveness of public quality service and the MMR implementation, the organization’s goal can be achieved. The result of this research shows that the effectiveness of MMR implementation has not been being worked optimally. It can be recognized by the exact time of completion aspect, and the equipment accessibility/the equipment applicability, and the inhibiting factors affecting the implementation of MMR such as the technical factors and geographical factors causing the MMR implementation runs slowly due to the slow internet connection. However, if the water-metering cost offered by PT. Kopesera Engineering is compared with the water-metering cost done by PDAM Malang Regency is lower and the number of the note-takers doing the house water-metering reading is more efficient.

Keywords: effectiveness, Mobile Meter Reading, public service quality

Abstrak: Efektivitas Penerapan Mobile Meter Reading (MMR) pada PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada PDAM Kabupaten Malang). Pencapaian tujuan dari suatu kegiatan organisasi yang dilaksanakan perlu adanya efektivitas pelayanan, dimana efektivitas merupakan alat ukur tingkat keberhasilan suatu organisasi dalam pencapaian hasil. Sehingga bila dikaitkan dengan MMR maka keberhasilan dapat diukur sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai atau ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan MMR belum dapat digunakan secara optimal. Hal ini dapat diketahui dari aspek kepastian waktu penyelesaian dan kemudahan akses/kemudahan dalam penggunaan, serta faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan MMR yaitu faktor teknis dan faktor geografis yang mengakibatkan pelaksanaan MMR sering berjalan lambat karena mengandalkan koneksi internet yang sangat rentan. Akan tetapi bila melihat perbandingan biaya pembacaan meter yang ditawarkan oleh pihak PT. Kopesera Engineering, maka biaya yang dikeluarkan oleh PDAM akan lebih kecil dan petugas baca meter yang dibutuhkan juga lebih efisen.

 

Kata kunci: efektivitas, Mobile Meter Reading, kualitas pelayanan publik

Published

2015-09-20

Issue

Section

Articles