Penerapan Good Corporate Governance oleh PLN dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Pada PT. PLN (Persero) Area Malang)

Authors

  • Ignatius Bayu Setyawan Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

(Abstract: The application of Good Corporate Governance by PLN in improving the quality of service (Study In PT. PLN (Persero) Area Malang). Characteristic BUMN is creating social responsibility for society in giving the quality of service. Good Corporate Governace can be accomplished, if the companyto apply Good Corporate Governance (GCG) as the basis. PLN one of the many people require a public need apply Good Corporate Governance for to improve the quality of service. Program PLN Bersih as aresult of GCG in quality of service. Except program PLN Bersih need strengthening basic priciples GCG includes: Transparency, Accountability, Responsibility, Independency and Faiernes. The application of GCG seen the result include: the services was transparency and not taking a long time, until demand new online repairs and smart electric. In embodied improvement quality service found obstacle, less understanding deep every employees in PT. PLN Area Malang. Implementation GCG in PT. PLN (Persero) Area Malang, be said walk proper care, but need to be material ettention where iproving performance as optimal as possible to realization a good quality service as well as deep understanding about GCG.

Keywords: GCG, quality of service

(Abstrak: Penerapan Good Corporate Governance Oleh PLN dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Pada PT. PLN (Persero) Area Malang). Karakteristik BUMN ialah menciptakan pertanggungjawab sosial pada masyarakat dalam memberikan kualitas pelayanan. Tata kelola perusahaan yang baik dapat terlaksana, jika perusahaan mampu menerapkan Good Corporate Governance (GCG) sebagai landasan. PLN salah satu  penyedia kebutuhan hajat orang banyak mengharuskan menerapkan bentuk tata kelola perusahaan baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Program PLN Bersih sebagai wujud penerapan GCG, dalam peningkatan kualitas pelayanan. Selain program PLN Bersih, perlu adanya penguatan prinsip dasar GCG meliputi: Transparansi, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Kemandirian dan Kesetaraan. Penerapan GCG terlihat hasilnya meliputi: pelayanan menjadi transparansi dan tidak membutuhkan waktu lama, hingga permintaan pasang baru online dan listrik pintar, Dalam mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan terdapat kendala, seperti halnya pemahaman yang kurang mendalam disetiap pegawai PT. PLN Area Malang. Pelaksanaan GCG pada PT. PLN (Persero) Area Malang, dapat dikatakan berjalan dengan semestinya, namun perlu menjadi bahan perhatian dimana meningkatan kinerja seoptimal mungkin agar  terwujudnya kualitas pelayanan baik serta pemahaman yang mendalam tentang GCG.

 

Kata kunci : GCG, Peningkatan Kualitas

Published

2015-09-20

Issue

Section

Articles