Implementasi Program Blockgrant Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Mutu Guru (Studi di Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan)

Authors

  • Vita Uzlifatul Ilma Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

 

Abstract: The Implementation of Empowerment Blockgrant Program through Teacher Work Group (TWG) for Improvement of Teacher’s Quality (Study at Elementary School Cluster 02 in Tikung Subdistrict, Lamongan Regency). Education is the main factor in the development process. This is because education is the way to measure the quality of human resource in a country. However, the level of education in Indonesia is still low when compared to other countries in Southeast Asia. One of factor that influence education is the quality of teacher. Teacher has a role in creating qualified young generation. The research was a qualitative descriptive study using the technique of domain analysis by James Spradley. This method is to find the detail about the implementation of blockgrant’s program in Teacher Working Group (TWG) to improve the quality of teacher. Furthermore, obtained a general overview of the issues is the problem of program implementation and the factors that influence it. It can be concluded that the implementation of blockgrant’s program through Teacher Working Group (TWG) at the Elementary School Cluster 02 Tikung Subdistrict force has a good effect in improving the quality and significant improvements and can improve the quality of teachers in the region Tikung Subdistrict, Lamongan Regency with a percentage.

 

Keywords: Implementation of Program, Blockgrant’s, Quality of Teacher

 

Abstrak: Implementasi Program Blockgrant Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru (Studi di Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan). Pendidikan merupakan faktor utama dalam proses pembangunan. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan tolak ukur dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu negara. Namun, dalam kenyataannya tingkat pendidikan di Indonesia masih tertinggal apabila dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah mutu dari tenaga pendidik itu sendiri. Guru sebagai faktor utama dalam bidang pendidikan mempunyai peran yang sangat besar dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis domain menurut James Spradley. Metode ini berguna untuk menemukan dan menerapkan implementasi dari program blockgrant secara detail pada program kerja guru untuk meningkatkan kualitas guru. Lebih lanjut lagi isu umum yang berkembang dan menjadi permasalahan implementasi dan faktor yang mempengaruhi. Ini dapat disimpulkan bahwa implementasi dari blockgrant untuk kelompok kerja guru di sekolah dasar gugus 02 Kecamatan tikung menunjukkan pengaruh yang baik dan peningkatan yang siknifikan serta dapat meningkatkan kualitas guru di wilayah Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan dengan persentase.

 

Kata kunci: Implementasi Program, Blockgrant, Mutu Guru

Published

2015-10-20

Issue

Section

Articles