Strategi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Kerjasama Internasional (Studi Kasus Program Kerjasama Sister Province antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Prefecture Osaka)

Authors

  • Ferina Safitri Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: East Java Provincial Government Strategy for Developing of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSME) by International Cooperation (Case Study: Sister Province Program between East Java Provincial Government and Osaka. This research is describe about East Java Provincial Government strategy to developing of UMKMs region. The strategy of East Java Provincial Government to face globalization is doing some cooperation with another countries. One such of cooperation is Sister Province between East Java Provincial Government and Prefecture Osaka. The objective of this research is to perceive, explain, and analyze about East Java Provincial Government strategy to developing UMKM, and the supporting factors and constraining factors of  Sister Province cooperation. This research is using descriptive methode with qualitative approach. The data analysis technique is interactive model by Miles, Huberman and Saldana which consists of data collecting, data reduction, data display, and conclution.

Keywords: cooperation, sister province, strategy

Abstrak: Strategi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Kerjasama Internasional (Studi Kasus Program Kerjasama Sister Province antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Prefecture Osaka). Penelitian ini memaparkan tentang langkah dari Pemerintah Jawa Timur guna mengembangkan dari UMKM daerahnya. Semakin menyebarnya isu globalisasi saat ini, langah yang dijalani adalah dengan menjalani kerjasama untuk mengembangkan dari UMKM dengan pihak luar negeri. Bentuk kerjasama yang dijalani adalah Sister Province dengan Prefecture Osaka. Tujuan dari melakukan penelitian ini adalah untuk menjabarkan strategi yang dijalani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timr untuk mengembangkan UMKM melalui kerjasama Sister Province dengan Prefecture Osaka, serta faktor pendukung dan penghambat dalam kerjasama tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualtitatif. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa model interaktif Miles, Huberman dan Saldana, yang terdiri dari pegumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Kata kunci : kerjasama, sister province, strategi


Published

2015-10-20

Issue

Section

Articles