Implementasi Program Jalin Kesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat) Bantuan RTSM Untuk Menanggulangi Kemiskinan Di Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Authors

  • Apriliannisaa Santoso Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract : Implementation of Jalin Kesra Program (Recourse to the Welfare Society) RTSM Aid to Overcoming Poverty in Banjararum Village, Singosari Sub-District, Malang. Banjararum Village is one of the villages that receive assistance from the Program Jalin Kesra and village is also the location of the study, because in this village, which is supported RTSM intertwine Program Jalin Kesra are less well targeted and appropriate. The purpose of this research is investigate the implementation Program Jalin Kesra in Banjararum Village, Sub-District Singosari, Malang and determine the factors that prevent and support the implementation Program Jalin Kesra in Banjararum Village, Sub-District Singosari. Result of the study showed that the implementation of the village Banjararum not comply with the general guidelines intertwine Program Jalin Kesra, because of the assistance provided in the village Banjararum obtained from the budget surplus in the village Poncokusumo, resulting  in interlace unpreparadness of people Jalin Kesra officer who led the relief be well targeted and appropriate.

 

Keywords : Jalin Kesra Program, Implentation, Efectivity

 

Abstrak : Implementasi Program Jalin Kesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat) Bantuan RTSM untuk Menanggulangi Kemiskinan di Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Desa Banjararum adalah salah satu desa yang mendapatkan bantuan dari Program Jalin Kesra dan desa ini juga menjadi lokasi penelitian, karena di desa ini RTSM yang mendapatkan bantuan dari program Jalin Kesra kurang tepat sasaran dan tepat guna.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Program Jalin Kesra di Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang serta untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan Program Jalin Kesra yang ada di Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan yang ada di Desa Banjararum tidak sesuai dengan Pedoman Umum Jalin Kesra, karena bantuan yang di berikan di Desa Banjararum diperoleh dari kelebihan anggaran yang ada di Desa Poncokusumo, sehingga terjadi ketidaksiapan petugas dari Jalin Kesra yang menyebabkan bantuan itu menjadi tidak tepat sasaran dan tepat guna.

 

Kata Kunci : Program Jalin Kesra, Implementasi, Efektivitas.

Downloads

Published

2013-05-20

Issue

Section

Articles