Perkembangan Kualitas Pelayanan Perkeretaapian Sebagai Angkutan Publik Dalam Rangka Mewujudkan Transportasi Berkelanjutan (Studi pada PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya)

Authors

  • Deasy Elfarischa Pramyastiwi Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: The Development of Railway Service Quality as Public Transportation to Achieve Sustainable Transportation (Case Study in PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VIII Surabaya). This research based on transportation problems in some big city in Indonesia caused by increasing number of car and motorbike transport without structured transportation system. Sustainable transportation is a concept to solve that problems. One way we can do to solve the problems is develop environmentally friendly transportation. Railway were proven as transportation that less pollution and less fuel consumption. So we need to pay attention in the quality of railway transportation in order to achieve sustainable transportation criteria. This research aims to describe, and analyze railway service quality especially in PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya. The result show that service quality of PT Kereta Api Indonesia has been better and close to sustainable transportation criteria especially in social aspect. But,it needs more attention in rolling stock and infrastructure, and official courtesy because it has impact in punctuality and comfort aspects.

Keywords: Public Service Quality, Sustainable Transportation

Abstrak: Perkembangan Kualitas Pelayanan Perkeretaapian sebagai Angkutan Publik dalam Rangka Mewujudkan Transportasi Berkelanjutan(Studi pada PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya). Penelitian ini berdasarkan masalah transportasi di kota-kota besar di Indonesia yang disebabkan oleh berkembangnya kendaraan bermotor tanpa diimbangi sistem transportasi yang memadai. Transportasi berkelanjutan merupakan konsep untuk mengatasi permasalahan transportasi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan transportasi yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan masyarakat. Kereta Api terbukti sebagai transportasi yang rendah tingkat polusi dan hemat bahan bakar sehingga perlu untuk diperhatikan kualitasnya agar memenuhi kriteria transportasi berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan perkeretaapian khususnya di PT Kereta Api Daerah Operasi 8 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan PT KAI sudah semakin baik dan mendekati kriteria transportasi berkelanjutan terutama pada aspek sosial. Namun perlu perhatian lebih pada sarana-prasarana dan courtesy petugas karena berpengaruh pada ketepatan waktu dan kenyamanan penumpang.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Transportasi Berkelanjutan

Downloads

Published

2013-05-20

Issue

Section

Articles