IMPLEMENTASI STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENDISTRIBUSIAN AIR (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang)

Authors

  • Djanthi Kumala Puri Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstrak : Implementasi Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Peningkatan Pelayanan Pendistribusian Air (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). PDAM Kota Malang merupakan Perusahaan yang bertanggung jawab memberikan pelayanan atas pengadaan air di Kota Malang sehingga tujuan dilakukannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui implementasi strategi PDAM Kota Malang dalam peningkatan pelayanan pendistribusian air di Kota Malang dan untuk mendeskripsikan hambatan PDAM Kota Malang dalam mengimplementasi strategi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan analisis data menggunakan metode Miles dan Hubberman serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Strategi PDAM dalam Peningkatan Pelayanan Pendistribusian Air telah sesuai dengan apa yang tertera pada strategi yang ada, namun belum sepenuhnya maksimal karena adanya intervensi dari pemerintah daerah untuk sumber air, juga karena dana yang terbatas sehingga kuantitas alat yang diperlukan untuk peningkatan pelayanan belum sepenuhnya tersebar di Kota Malang.

 

Kata kunci: implementasi strategi, pelayanan, PDAM Kota Malang

Abstract: implementation of corporate strategy Area drinking water (PDAM) in the improvement of Water Distribution Services (study on Regional water supply Company of Malang). PDAM Malang is the company responsible for providing service over the procurement of water in the city of Malang so that the goal of doing this research intended to find out which implementation strategies PDAM Malang in the improvement of water distribution services in the city of Malang and to describe barriers PDAM Malang in implementing the strategy. This research is a descriptive qualitative approach to research with data analysis using the method of Miles and Hubberman and techniques of collecting data through observation, interview, documentation and library. The results of this research show that the implementation of the strategy of improving the services in the Distribution PDAM of Water were in accordance with what is stated on the existing strategy, but have not fully maximized because of the intervention.

Keyword: implementation strategy, service, PDAM of Malang

Downloads

Published

2015-12-20

Issue

Section

Articles