Pemberdayaan Agroindustri Pangan Olahan Skala Kecil dan Menengah di Kecamatan Bumiaji (Studi Pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu)

Authors

  • Sugiarti Angga Mula Ratnasari Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Empowerment of Small and Medium Scale of Food Processed Agroindustry in Bumiaji (Studies in the Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu). One of the local government's efforts in developing the local economic potential of the small and medium scale food processed agroindustry is through empowerment. Empowerment done to foster a healthy business, resilient and competitive. Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu is the parties directly involved in the empowerment of small and medium scale agroindustry. The results showed that the empowerment of small and medium scale agroindustry by the Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu conducted through several programs, including (1) the growth of the business climate is socialization and facilitating access to capital; (2) strengthening is capacity building, development of marketing, production technology assistance and (3) protection of business. However, the role of the Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu less effective in responding to the problems and challenges faced by actors of small and medium scale agroindustry in Bumiaji. Can be seen from the steps of empowerment that have not touched the entire small and medium scale agroindustry. This is due to the low capacity of the industry, dependence on limited government and funds owned by the department.

Keywords: empowerment, Small and Medium Scale Food Processed Agroindustry, the Role of Local Government

Abstrak: Pemberdayaan Agroindustri Pangan Olahan Skala Kecil dan Menengah di Kecamatan Bumiaji (Studi Pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu). Upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal yakni agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah adalah pemberdayaan. Pemberdayaan penting dilakukan untuk menumbuhkembangkan usaha yang sehat, tangguh dan berdaya saing. Diskoperindag Kota Batu adalah pihak yang terlibat secara langsung dalam pemberdayaan agroindustri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan agroindustri skala kecil dan menengah oleh Diskoperindag Kota Batu dilakukan melalui beberapa program, diantaranya (1) penumbuhan iklim usaha yakni sosialisasi dan fasilitasi akses permodalan; (2) penguatan daya yakni peningkatan kapasitas SDM, pengembangan pemasaran, bantuan teknologi produksi dan (3) perlindungan usaha. Namun, peran Diskoperindag Kota Batu  kurang efektif dalam menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh agroindustri skala kecil dan menengah di Kecamatan Bumiaji. Dapat dilihat dari langkah pemberdayaan yang belum menyentuh seluruh agroindustri skala kecil dan menengah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kapasitas SDM industri, ketergantungan pada pemerintah dan juga terbatasnya dana yang dimiliki oleh dinas.

Kata kunci: pemberdayaan, Agroindustri Pangan Olahan Skala Kecil dan Menengah, peran pemerintah daerah

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles