Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok)

Authors

  • Fahmi Rezha Brawijaya University

Abstract

Abstract: Analysis the influence of Public Service Quality to Society Satisfaction. This research aims to know the influence of service quality of e-KTP to society satisfaction in Depok and to determine sub variable from quality service that the most influence society satisfaction. The samples taken are 100 peoples from all of this population 1.020.002 peoples by Slovin formula. The research results showed that the quality service have a positive influence in society satisfaction in 0,758 with a significant level of 95%. That means that 75,8% of society satisfaction who received the service of e-KTP data recording in Depok can be influenced by some sub variabels such as tangiblies, reliability, responsiveness, assurance, and empathy and the remainder of 24,2% are influence by other independent variable that have not been shown in this research, the most influence in satisfying the society who received  the service e-KTP data recording is reliability with regression coefficient of 0,867.

Keywords: Quality Service, Society Satisfaction, e-KTP Data Recording.

 

 

Abstrak: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan e-KTP terhadap kepuasan masyarakat di Depok dan untuk menentukan sub variabel dari kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sampel yang diambil adalah 100 orang dari seluruh populasi ini 1.020.002 orang dengan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dalam kepuasan masyarakat 0758 dengan tingkat signifikan 95%. Itu berarti bahwa 75,8% kepuasan masyarakat yang menerima pelayanan perekaman data e-KTP di Depok dapat dipengaruhi oleh beberapa sub variabel seperti bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, dan empati dan sisanya 24,2% adalah dipengaruhi oleh variabel independen lain yang belum ditunjukkan dalam penelitian ini, yang paling berpengaruh dalam memuaskan masyarakat yang menerima layanan perekaman data e-KTP adalah reliabilitas dengan koefisien regresi sebesar 0.867.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Perekaman Data e-KTP.

Downloads

Published

2013-07-20

Issue

Section

Articles