STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN APEL DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN MASYARAKAT PETANI (Studi Pada Desa Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang)

Authors

  • Ariska Tri Viky Andani Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Strategy to Development Agricultural Apples to Enhance Income Farmers Society (Studies in Poncokusumo Village, Poncokusumo Sub- District, Malang District, and Agriculture and Plantation Department Of Malang District). This study aimed to describe and analyze the strategies undertaken by the Department of Agriculture and Plantation Malang in developing the agricultural sector and explain the factors supporting and barricade in developing the agricultural apples sector in Poncokusumo Malang. This study also noted that the strategy must also comply with applicable growing season. Anticipation government also saw that when planting apple farmers to switch to vegetable farming major. Therefore, policies to increase farmers' income should also look at the weather. Some supporting factors are important to note that Poncokusumo have many sources of water that must be managed properly. Barricade factors that exist in the development of the agricultural sector, namely apples in Poncokusumo happen problematic nutrients have decreased soil fertility so that many farmers are turning to major vegetable commodities to reduce the cost of farming losses therefore it should be considered by the Department of Agriculture and Plantation District Malang.

Keyword: Agriculture Development, Agriculture Apple.

Abstrak: Strategi Pengembangan Sektor Pertanian Apel Dalam Meningkatkan Penghasilan Masyarakat Petani (Studi pada Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang dalam mengembangkan sektor pertanian serta menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan sektor pertanian apel di Desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Penelitian ini melihat bahwa dengan adanya berbagai macam kebijakan Pemerintah Kabupaten Malang terkait mengembangkan sektor pertanian apel di Desa Poncokusomo.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Malang sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Penelitian ini juga melihat bahwa strategi tersebut juga harus sesuai dengan musim tanam yang berlaku. Antisipasi pemerintah juga melihat bahwa ketika musim tanam apel beralih para petani bertanam ke sayur mayor. Oleh karena itu kebijakan untuk meningkatkan pendapatan petani juga harus melihat faktor cuaca. Beberapa faktor pendukung yang penting diperhatikan yaitu Desa Poncokusumo memiliki banyak sumber air yang harus dikelola dengan benar. Faktor penghambat yang ada pada pengembangan sektor pertanian apel di Desa Poncokusumo yaitu terjadi problematika unsur hara yang telah mengalami penurunan kesuburan tanah sehingga banyak petani yang beralih ke komoditi sayur mayur untuk mengurangi kerugian biaya pertanian oleh karena itu hal tersebut harus diperhatikan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang.

Kata Kunci: Pembangunan Pertanian, Pertanian Apel

Published

2016-03-20

Issue

Section

Articles