Pemberdayaan Perusahaan Daerah Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pasar (Studi Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri)

Authors

  • Maharani Diyan Ayu Anugraini Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Empowering Local Company For Improving Revenue Market (Studies in Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri). Income market as one of the assets of the region as long as it is not too potential to be one of the mainstays commodity area when potential in traditional markets are very high to be developed. Through the empowerment of local companies is expected to increase revenue and market functions traditionally is one of the areas in Kediri. Based on research carried out showed that the implementation plan of the empowerment company was the first region by restructuring the Regional Company of the markets that were previously shaped into a market official institutions Local Company Markets are included in one of the Regional Enterprise Kediri. Then further empowerment is to develop the market, this development is realized by doing repair infrastructure and business development, increasing employee competency, as well as giving guidance to traders. With the implementation of this plan is expected to empower traditional markets can compete with modern markets which are currently a lot of growing in Indonesia, which keberdadaanya in some regions can eliminate the existence of traditional markets.

Keywords : Empowering Local Company, Local Company Markets

Abstrak : Pemberdayaan Perusahaan Daerah Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pasar (Studi Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri). Pendapatan pasar sebagai salah satu aset yang dimiliki daerah selama ini memang belum terlalu potensial untuk dijadikan salah satu komoditi andalan daerah padahal potensi yang ada pada pasar-pasar tradisional sangat tinggi untuk dapat dikembangkan. Melalui pemberdayaan perusahaan daerah ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan fungsi pasar tradisional yang merupakan salah satu perusahaan daerah di Kota Kediri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pelaksanaan rencana pemberdayaan perusahaan daerah ini adalah yang pertama dengan melakukan restrukturisasi Perusahaan Daerah Pasar dari yang sebelumnya berbentuk lembaga dinas pasar menjadi Perusahaan Daerah Pasar yang termasuk dalam salah satu Badan Usaha Milik Daerah Kota Kediri. Lalu pemberdayaan yang selanjutnya adalah melakukan pengembangan pasar, pengembangan ini diwujudkan dengan dilakukannya perbaikan infrastruktur dan pengembangan usaha, peningkatan kompetensi karyawan, serta pemberian pembinaan terhadap pedagang. Dengan adanya pelaksanaan rencana pemberdayaan inilah diharapkan pasar-pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern yang sekarang ini sedang banyak sekali berkembang di Indonesia, yang keberdadaanya pada beberapa daerah mampu menghapuskan keberadaan pasar-pasar tradisional.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan perusahaan daerah, Perusahaan Daerah Pasar

Published

2016-04-20

Issue

Section

Articles