Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) melalui Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Pelaksanaan CSR oleh PT. IPMOMI di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo)

Authors

  • Alif'kha Indamala Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Corporate Social Responsibility through Society Empowerment (Research on CSR Implementation by PT. IPMOMI at Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo). Globalization affects Indonesia’s economic through multinational companies which exploit natural resources across the country. The implementation of Corporate Social Responsibity (CSR) is needed as a part of multinational companies’ responsibility to increase local community welfare. This research has three purposes: first, to describe and analyze the implementation of CSR for both villages in Kecamatan Paiton; second, to describe and analyze society autonomy as the results from CSR implementation at both villages.  Third, to describe and analyze the supports and resists factor on CSR implementation at both villages.The results show that the community empowerment program in two (2) The village has not run with the maximum, and there are still many obstacles in its implementation. The lack of support from the company and society attitude that still traditional is the cause of CSR does not work really well. The company should gives more guidance like society empowerment coaching from the company should be increased to find out the condition and problem that faced by patronage society on each villages so the empowerment program can be run as the expectation.

Keywords: social responsibility, society empowerment, company

 

Abstrak: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) melalui Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Pelaksanaan CSR oleh PT. IPMOMI di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo).Globalisasi telah membawa dampak yang cukup besar terhadap perekonomian di dunia, dibuktikan dengan banyaknya perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan multinasional dalam menjalankan kegiatan bisnisnya menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Penelitian ini memiliki tiga tujuan: pertama, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan CSR pada dua Desa di Kecamatan Paiton; kedua, mendeskripsikan dan menganalisis kemandirian masyarakat sebagai hasil dari pelaksanaan CSR di dua Desa; dan ketiga, mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan CSR di dua Desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pemberdayaan masyarakat di 2 (dua) Desa belum berjalan dengan maksimal, dan masih banyak kendala dalam pelaksanaannya. Kurangnya dukungan dari perusahaan dan sikap masyarakat yang tradisional menjadi penyebab program pemberdayaan masyarakat tidak berjalan sesuai dengan harapan. Pendampingan dari perusahaan sebaiknya lebih ditingkatkan agar program pemberdayaan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Kata kunci:tanggung jawab sosial, pemberdayaan masyarakat, perusahaan

 

Published

2016-04-20

Issue

Section

Articles