Strategi dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Hiburan Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Kanda Aminullah Iftianto Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Strategies in Improving Entertainment Tax Revenues For Local Revenue (Study at Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten). Local Revenue  is a source of funds that should be explored optimally to support the development of a local government.The problems were taken in this study is how the Strategy Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo in increasing entertainment tax revenues. The purpose of this study was to determine how the strategy taken by Strategy Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo in increasing local revenue through entertainment tax revenue.This research method is descriptive qualitative approach.The results obtained show that the Strategy Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo in doing strategy to increase revenue through the entertainment tax has taken the right steps in achieving those targets. Strategy Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo use intensification and extensification strategies toward local taxes. This effort proved successful due to the acquisition PAD in Sidoarjo of entertainment tax sector always exceeded the target set in 2011-2014

 

Keywords: Strategy, Local Revenue, Sidoarjo Government, Entertaiment tax

 

Abstrak: Strategi dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Hiburan Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo). Guna menunjang pembangunan pemerintah daerah, terdapat suatu dana yang secara optimal harus digali yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam mengoptimalkan penerimaan pajak hiburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diambil oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo melalui penerimaan Pajak Hiburan. Penelitian ini menggunakan metode adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwaDinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Sidoarjo telah melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mewujudkan target strategi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak hiburan. Intensifikasi serta Ekstensifikasi pajak daerah adalah strategi yang digunakan. Berhasilnya upaya ini terbukti dengan perolehan PAD Kabupaten Sidoarjo dari sektor pajak hiburan selalu melampaui target yang ditetapkan pada tahun 2011-2014.

 

Kata Kunci: Strategi, Pendapatan Asli Daerah, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Pajak Hiburan

 

Published

2016-04-20

Issue

Section

Articles