Transparansi Penganggaran dan Pelaporan Alokasi Dana Desa Berbasis online Di Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuwangi (Studi di Desa Ketapang, dan Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuwangi)

Authors

  • Bayu Widihartanto Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Budgeting and Reporting Transparency of Village Fund Allocation Based online in Village Government of Banyuwangi (Studies in Ketapang Village and Community Empowerment Board and Ketapang Village Government in Banyuwangi Regency). Carrying the village development process out is required funds to implement them. Funds are needed come from APBDes and Village Fund Allocation. That's why the Government of Banyuwangi innovated an online-based rural finance program called e-village budgeting. This study aims to describe the transparency of budgeting and reporting of online-based fund allocation village in village administration in Banyuwangi Regency. This research used descriptive method with qualitative approach. This study focused on budgeting planning, reporting and accountability of village fund allocation, and what are the factors that support and hinder the transparency of budgeting and reporting process based ADD online. The results showed that to increase the sense of public confidence in the administration of the village, Ketapang Village Government invited the community to participate in consultation of rural development planning so they knew what activities were budgeted by the Government of Ketapang Village.

Keywords: APBDes, ADD, Transparency of budgeting, reporting of Village Allocation Fund, E-village Budgeting

Abstrak: Transparansi Penganggaran dan Pelaporan Alokasi Dana Desa Berbasis online Di Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuwangi (Studi di Desa Ketapang, dan Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuwangi). Untuk melakukan proses pembangunan desa dibutuhkan sebuah dana untuk melaksanakannya. Dana yang dibutuhkan berasal dari APBDes dan Alokasi Dana Desa. Oleh karena itu Pemerintah Daerah Banyuwangi berinovasi membuat sebuah program keuangan desa berbasis online yang disebut e-village budgeting. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan transparansi penganggaran dan pelaporan alokasi dana desa berbasis online di pemerintahan desa Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini memfokuskan pada perencanaan penganggaran, pelaporan dan pertanggungjawaban alokasi dana desa, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses transparansi penganggaran dan pelaporan ADD berbasis online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan desa, Pemerintahan Desa Ketapang mengundang masyarakat untuk ikut serta dalam rapat musrenbangdes yang bertujuan masyarakat mengetahui kegiatan apa saja yang dianggarkan oleh Pemerintahan Desa Ketapang.

Kata Kunci: APBDes, ADD, Transparansi penganggaran, Pelaporan Alokasi Dana Desa, E-village Budgeting

Published

2016-01-14

Issue

Section

Articles