Sinergi Antara Non-Governmental Organization Dengan Lembaga Pendidikan Dalam Pendidikan Antikorupsi (Studi di Kota Malang)

Authors

  • Rio Wirawan Djohar Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Synergy Between Non-Governmental Organization and Educational Institute on The Anticorruption Education (A Study in Malang City). NGOs in Malang hadworked together with school institutions in conducting anticorruption education, and vice versa. However, the cooperation between these two insitutions has not reached the synergy, because there still were some obstructions. The obstructions were : the limited time for the schools to add anticorruption education more intensively and the negative mindset of the schools towards some NGOs. Meanwhile, the factors that supported the synergy were the correlated goal between those institutions and the needs of some schools in Malang to cooperate with the NGOs in Malang. Therefore, the NGOs and the schools needed to communicate more effectively in order to build trust and the government needs to support the integration of anticorruption education into the curriculum.

Keywords: Synergy, Non-Governmental Organization, Educational Institute, Anticorruption Education

 

Abstrak: Sinergi Antara Non-Governmental Organization dengan Lembaga Pendidikan dalam Pendidikan Antikorupsi (Studi di Kota Malang). NGO di Kota Malang telah melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan (sekolah) dalam melaksanakan pendidikan antikorupsi. Begitupun dengan beberapa SMA di Kota Malang sudah melaksanakan pendidikan antikorupsi bekerjasama dengan NGO di Kota Malang. Namun, kerjasama yang terjalin di antara keduanya belum sampai pada tahap yang sinergi, karena masih memiliki beberapa penghambat. Adapun yang menjadi penghambat dalam sinergi ini ialah adanya keterbatasan waktu bagi sekolah untuk menambahkan pendidikan antikorupsi lebih intensif, selain itu juga masih adanya pola pandang yang negatif dari sekolah terhadap beberapa NGO. Sedangkan yang  menjadi pendukung dalam sinergi ini yaitu karena tujuan kedua lembaga masih saling terkait, serta sebagian sekolah di Kota Malang masih membutuhkan bantuan kerjasama dari NGO di Kota Malang. Untuk itu, NGO dengan sekolah perlu menjalin komunikasi yang lebih efektif untuk membangun sebuah kepercayaan, serta perlunya dukungan dari pemerintah terkait pengintegrasian pendidikan antikorupsi ke dalam kurikulum.

 

Kata kunci: Sinergi, Non-Governmental Organization, Lembaga Pendidikan, Pendidikan Antikorupsi

Published

2016-05-20

Issue

Section

Articles