Evaluasi Pelayanan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online (Studi Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015).

Authors

  • Laillia Ari Wibowo Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: evaluation information system revenue service new student acceptance ( PPDB ) online ( study in city education and culture city mojokerto years lessons 2014 / 2015). Service system in education has been turned, especially in the process.Out-of-date systems as a test and system rayon wearisome the community turned into an online system. The application of ppdb online at mojokerto based on the regulation of education agency head number 421.0 / 45 / 407.301 / 2014 on guidelines technical ppdb at junior, high school, and smk.Background is raised to see how the evaluation of service information system ppdb online in the city mojokerto.The application of ppdb online as an effort to the improvement of public services been done, but it was not reached the maximal result. That has not been the results of because they still there are problems such as lack of the understanding of the community of this method ppdb online, socialization who have not correct target, and factors barrier those technical.So it needs a evaluation of the application of ppdb online to to break and solve problems that emerged in the application of ppdb online in the city mojokerto.

Keywords: Evaluation, service and PPDB online

Abstrak: Evaluasi Pelayanan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online (Studi Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015). Sistem pelayanan dalam bidang pendidikan telah dirubah, khususnya dalam PPDB. Sistem lama seperti tes dan sistem rayon yang melelahkan masyarakat berubah menjadi sistem online. Penerapan PPDB online di Mojokerto berpedoman pada peraturan Kepala Dinas Pendidikan nomor 421.0/45/407.301/2014 tentang pedoman teknis PPDB pada SMP, SMA, dan SMK. Latar belakang ini diangkat untuk melihat bagaimana evaluasi dari pelayanan sistem informasi PPDB online di Kota Mojokerto. Penerapan PPDB online sebagai upaya peningkatan pelayanan publik sudah terlaksana, namun masih belum mencapai hasil yang maksimal. Belum maksimalnya hasil dikarenakan masih ada permasalahan seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap mekanisme PPDB online, sosialisasi yang belum tepat sasaran, dan faktor penghambat yang bersifat teknis. Sehingga perlu sebuah evaluasi dari penerapan PPDB online guna untuk memecahkan dan menyelesaikan permasalahan yang muncul pada penerapan PPDB online di Kota Mojokerto.   

Kata Kunci: evaluasi, pelayanan dan PPDB Online

Published

2016-05-20

Issue

Section

Articles