Peran Pemerintah Dalam Menciptakan Perumahan Layak Huni (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tataruang, Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Rizki Priyo Atmoko Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: Government's role to created livable housing. This research is motivated by the increasing amount of residential development as the the impact of the increasing population in Sidoarjo Regency. In a residential area there must be facilities that support daily activities it aims to ensure the feasibility of inhabited housing so that provide a sense of comfort, security, peace and prosperity for its residents. The research method that used is descriptive qualitative research approach that uses analytical methods Milles Huberman. The background of this research was appointed to see how the government's role in creating livable housing for the general welfare of society purpose. The results of this research are good enough, it is manifested, among others, in setting standards of housing construction, supervision and control of housing construction and improvement of the quality of housing. The role has been in accordance with the government's role as a stabilizer, an innovator and catalyst.Contributing factor in creating livable housing, among others, the assistance of the government in the form of physical development, the awards and the support of competent human resources. Inhibiting factor is the lack of human resources.

Keywords: Livable housing, The role of government

Abstrak: Peran Pemerintah dalam Menciptakan Perumahan Layak Huni. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah pembangunan perumahan yang merupakan dampak dari meningkatnya penduduk di Kabupaten Sidoarjo. Dalam lingkungan perumahan sendiri harus terdapat fasilitas-fasilitas yang menunjang berkegiatan sehari-hari hal ini bertujuan untuk menjamin kelayakan perumahan yang dihuni sehingga dapat memberikan rasa nyaman, aman, tentram dan sejahtera bagi penghuninya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode analisis Milles Huberman. Latar belakang penelitian ini diangkat untuk melihat bagaimana peran pemerintah yang ada dalam menciptakan perumahan yang layak huni yang tujuan umumnya untuk mensejahterakan masyarakat. Hasil dari penelitian, peran pemerintah dalam menciptakan perumahan yang layak huni sudah cukup baik, hal ini diwujudkan antara lain dalam penetapan standardisasi pembangunan perumahan, pengawasan, dan pengendalian pembangunan perumahan dan perbaikan kualitas perumahan. Peran tersebut telah sesuai dengan peran pemerintah sebagai stabilisator, inovator, dan katalisator. Dalam mewujudkan perumahan yang layak huni yang menjadi faktor pendukung antara lain adanya bantuan dari pemerintah berupa pembangunan secara fisik  maupun pemberian penghargaan serta dukungan sumber daya manusia yang berkompeten. Faktor penghambat, kurangnya sumber daya manusia.

Kata kunci: Peran Pemerintah, Perumahan Layak Huni

Downloads

Published

2013-06-20

Issue

Section

Articles