Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Anak Di Kabupaten Malang (Studi Tentang Implementasi Program Kesejahteraan Sosial Anak Dinas Sosial Kabupaten Malang pada Yayasan Al-Husna)

Authors

  • Marfryani Yasinta Dewi Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Implementation of Child Social Rehabilitation Program in Malang Regency (Study About Implementation of Child Social Welfare Program in Dinas Sosial Malang Regency to Yayasan Al-Husna. Child Social Rehabilitation Program is one of policy made by government to prevented and treated the social disfungsional that happened by child. Th Rehabilitation Program in this researches especially to prevented and keep child from social welfare problem by Child Social Welfare Program. The Child from This Program is such as child with disability, HIV/AIDS, the drug abuse, street children, and orphans.  The foundation of this program is base from Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 about Social Welfare, and in this researches uses this constituen to analysis how the implementation of policy by Dinas Sosial of Malang Agency come one’s way. The result of this researches about Implementation of Child Social Rehabilitation Program is goes well in Yayasan Al-Husna and Dinas Sosial in Malang Regency. The process of this implementation program is not always smooth, the inhibiting has come from low money supported from government, but Yayasan Al-Husna have solution to covering this inhibiting by donation.

Keywords: Child Social Rehabilitation, Child Social Welfare, Implementation, Policy

Abstrak: Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Anak di Kabupaten Malang (Studi Tentang Implementasi Program Kesejahteraan Sosial Anak Dinas Sosial Kabupaten Malang pada Yayasan Al-Husna). Program Rehabilitasi Sosial Anak adalah salah satu dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mencegah dan mengatasi disfungsi sosial yang terjadi pada anak. Dalam penelitian ini, program rehabilitasi ini khususnya untuk mencegah dan menjaga anak dari masalah kesejahteraan sosial melalui program kesejahteraan sosial anak. Anak-anak yang dimaksud dalam program ini adalah anak dengan kecacatan, HIV/AIDS, anak korban penyalahgunaan obat terlarang, anak jalanan, dan anak yatim piatu. Landasan dari program ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, dan Undang-Undang ini digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis bagaimana implementasi ini berjalan. Hasil dari penelitian ini tentang Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Anak berjalan dengan baik di Yayasan Al-Husna dan Dinas Sosial Kabupaten Malang. Proses dari implementasi program ini tidak selalu berjalan mulus, hambatan yang datang adalah rendahnya dukungan dana dari pemerintah, tetapi Yayasan Al-Husna memiliki solusi untuk menutupi hambatan ini dengan donasi.

Kata Kunci : Rehabilitasi Sosial anak, Kesejahteraan Sosial anak, Implementasi, Kebijakan

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles