¬Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Sektor Industri Makanan Dan Minuman Untuk Menyongsong MEA (Studi di Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang)

Authors

  • Aulia Krisna Setiawan Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Strategy to Enhance the Competitiveness of Food and Beverage Industry Sector of Micro, Small & Medium Enterprises (MSMEs) Towards the ASEAN Economic Community (AEC). (Study in Dinas Koperasi dan UKM and Dinas Perindustrian dan Perdagangan of Malang City). Competitiveness is a key factor that must be owned by Malang’s food and beverage industry sector of MSMEs to achieve success in the era of AEC. But it is known that the level of competitiveness of this business group is low due to a number of shortcomings that they experienced. Due to the fact, the purpose of this study is intended to determine, describe and analyze the strategy of Dinas Koperasi dan UKM and Dinas Perindustrian dan Perdagangan of Malang City in enhancing the competitiveness of Malang’s Food & Beverage industry sector of MSMEs to welcoming AEC and the supporting factors and inhibiting factors of the strategy. This research is a descriptive qualitative approach. The research results showed that the overall strategy being pursued by both Officials to enhance the competitiveness of food and beverage MSMEs in Malang has been running as well as have a positive impact for the business groups, but has not been fully maximized because the ratio of workloads that are not proportional to the number of sources power apparatus in the two agencies, a limited budget, and not all entrepreneurs realize the importance of competitiveness.

Keywords: strategy, competitiveness, ASEAN Economic Community, MSMEs

Abstrak: Strategi Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Industri Makanan dan Minuman (Mamin) untuk Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 (Studi di Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang), Daya saing adalah faktor kunci yang harus dimiliki oleh UMKM sektor industri Mamin Kota Malang untuk meraih kesuksesan di era MEA. Akan tetapi, diketahui bahwa tingkat daya saing kelompok usaha ini tergolong rendah karena sejumlah kelemahan yang meliputi mereka. Mengingat fakta riil tersebut maka tujuan dilakukannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dalam meningkatkan daya saing UMKM sektor industri Mamin di Kota Malang untuk menyongsong MEA serta faktor pendukung dan faktor penghambat strategi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum strategi yang dilaksanakan oleh kedua dinas untuk meningkatkan daya saing UMKM Mamin di Kota Malang telah berjalan dengan baik sebagaimana telah memberikan dampak yang positif bagi kelompok usaha tersebut, namun belum sepenuhnya maksimal sebab rasio beban kerja yang tidak proporsional dengan jumlah sumber daya aparatur pada kedua dinas, anggaran yang terbatas, serta tidak semua pelaku UMKM menyadari pentingnya memiliki daya saing.

Kata kunci: strategi, daya saing, Masyarakat Ekonomi ASEAN, UMKM

Published

2016-04-11

Issue

Section

Articles