Implementasi Rencana Strategis Pengembangan Destinasi Pariwisata (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang)

Authors

  • Izza Arofatul Zahroh Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Implementation of the Strategic Plan for The Development of Tourism Destinations (Studies in  Departmen of Culture and Tourism District Malang). The District of Malang have a potential torism resources. Then, malang also having the opportunity to further develop the tourist areas that more attractive when compared to other area, It is based on the natural and geographical conditions are very supportive.The title of this research is Implementation of the Strategic Plan for The Development of Tourism Destination. To maximize the potential of tourism in Malang, Departmen of Culture and Tourism create a tourism destination development program that is contained in the strategic plan of Department of culture and tourism Malang in 2011-2015. The purpose of this study is to analyze and describe the implementation of the strategic plan in 2011-2015 that has been poured in work plan every year by Departmen of Culture and Tourism District Malang, also figure out, analyse and describe the factors supporting and a barrier to the implementation of the program.

Keywords: Implementation, program, strategic plan, tourism

Abstrak: Implementasi Rencana Strategis Pengembangan Destinasi Pariwisata (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang). Kabupaten Malang memiliki sumber daya pariwisata yang sangat potensial, Selain itu Kabupaten Malang memiliki peluang untuk lebih mengembangkan daerah wisata yang lebih menarik bila dibanding daerah lain, hal ini didasarkan pada kondisi alam dan letak geografis yang sangat mendukung. Judul penelitian ini adalah Implemetasi rencana strategis program pengembangan destinasi pariwisata. Dalam memaksimalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata membuat program pengembangan destinasi pariwisata yang termuat dalam Rencana Strategis  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang tahun 2011-2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan  Implementasi Rencana Strategis Tahun 2011-2015 yang telah dituangkan dalam rencana kerja setiap tahun nya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, serta mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi program tersebut.

 

Kata kunci: Implementasi,  Program, Rencana Strategis, Pariwisata

Published

2016-08-20

Issue

Section

Articles