Kualitas Pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Bondowoso Terhadap Pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

Authors

  • Girinda Bella DwiUtama Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
  • Girinda Bella DwiUtama

Abstract

Abstract: Service quality at the Penitentiary Institution Class IIB Bondowoso for the visitor Of Inmates. The effort in increasing the effectivity of public services in Penitentiary Institution has been done quite frequently. However, until this day there are still numerous complain from the public to Penitentiary Institution Class IIB Bondowoso, mainly complains about service quality at the Penitentiary Institution Class IIB Bondowoso for the visitor of Inmates. Therefore, this research aims to observe and analysis some factors that work on the Service Quality at the Penitentiary Institution Class IIB Bondowoso for the visitor of Inmates. This research used descriptive approach with qualitative method of research. As the data collection technique, the researcher used interview, observation, and documentation methods. The analysis method used in the research is Miles, Huberman, and Saldana interactive method. In the analysis method, researcher used four research stage, there are data collection, data condensation, data service, and data verification. In the summary of the research, Service Quality at the Penitentiary Institution Class IIB Bondowoso for the visitor Of Inmates have the focus of research that researcher choose as object the ultimate aim of research to know phenomena with direct evidence ,reliability, quick response, guarantee and empathy in service of visits.

 

Keywords: Service quality, Citizens In Our Prisons, Bondowoso

 

Abstrak: Kualitas Pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Bondowoso Terhadap Pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Lembaga Pemasyarakatan sudah banyak dilakukan. Namun saat ini masih banyak keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bondowoso terutama tentang pelayanan kunjungan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Bondowoso terhadap pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Mengetahui dan menganalisis beberapa hal yang mempengaruhi kualitas pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Bondowoso terhadap pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah melalui metode interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Dalam metode analisis ini terdapat empat tahapan penelitian yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan dari penelitian pada Kualitas Pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Bondowoso Terhadap Pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memiliki fokus penelitian yang dipilih sebagai objek tujuan utama untuk meneliti fenomena dilapangan berupa bukti langsung, kehandalan, cepat tanggap, jaminan dan empati dalam pelayanan kunjungan.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Warga Binaan Pemasyarakatan,  Bondowoso

Published

2016-09-20

Issue

Section

Articles