Implementasi Strategi Pembinaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang)

Authors

  • Lianda Subekti FIA-Brawijaya University

Abstract

Abstract

Implementation the strategy construction and development cooperatives and UKM in Malang focuses on RENSTRA dan RENJA requires a good strategic management. Implementation the strategy used to revitalize indisposition cooperatives and develop UKM. The purpose of this study is to describe and analyze the implementation of construction and development strategies, factors supporting and inhibiting. This research uses descriptive qualitative approach with focus issues: (1) Implementation of the strategy construction and development of cooperatives and UKM, (2) factors supporting and inhibiting. Result of this research is the application of the strategy hasn’t been going well for the real field conditions are dynamic and thus require a flexible strategic management by enabling and inhibiting factors both internally and externally. The advice given is the Department of Cooperatives and UKM Malang should be more active foster and develop cooperatives and UKM.

Keywords: implementation of the strategy, construction, development, cooperatives and UKM, RENSTRA and RENJA.


Abstrak

Implementasi strategi pembinaan dan pengembangan koperasi dan UKM di Kota Malang berfokus pada RENSTRA dan RENJA, membutuhkan manajemen strategik yang baik. Implementasi strategi digunakan untuk merevitalisasi koperasi sakit dan mengembangan UKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalis implementasi strategi pembinaan dan pengembangan koperasi dan UKM serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus permasalahan adalah (1) Implementasi strategi pembinaan dan pengembangan koperasi dan UKM di Kota Malang, dan (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi belum berjalan dengan baik karena kondisi riil lapangan yang dinamis sehingga membutuhkan manajemen strategik yang fleksibel dengan faktor pendukung dan penghambat secara internal dan eksternal. Saran yang diberikan adalah Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang harus lebih aktif membina dan mengembangkan koperasi dan UKM.

Kata kunci: implementasi strategi, pembinaan dan pengembangan, koperasi dan UKM, dan RENSTRA dan RENJA.

Downloads

Published

2013-05-17

Issue

Section

Articles