Kepemimpinan dan Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan (Studi Kasus Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo)

Authors

  • Prima Dwi Wisudawan Subari Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: Leadership and Marketing Optimization “Depo Pemasaran Ikan†to observe fishery (Case Study in “Depo Pemasaran Ikan†Bluru Kidul village of Sidoarjo district). This study was conducted to describe and analyze about the Marketing Leadership in “Depo Pemasaran Ikan†Bluru Kidul village and the factors affecting optimization in “Depo Pemasaran Ikan†to observe fishery. The method used is descriptive in Qualitative Research Methods. Descriptive methods to create descriptive, description or illustration in a systematic, factual and accurate information on the facts, as well as the nature of the relationship between the phenomena under investigation. In this case the author describes about leadership and optimalization in “Depo Pemasaran Ikan†for observe the fishery (Case Study in “Depo Pemasaran Ikan†Bluru Kidul village of Sidoarjo district). According on the results and discussion, the authors conclude two important things. First, Leadership in “Depo Pemasaran Ikan†in Sidoarjo, the leadership in “Depo Pemasaran Ikan†is not maximized due to communication, supervision, direction and decision-making have not been up to optimize business traders. Second, optimization in “Depo Pemasaran Ikan†in Sidoarjo, the optimization in “Depo Pemasaran Ikan†not optimal because there are many human resources in “Depo Pemasaran Ikan†who do not know about hygiene standards of fish, many buildings Infrastructures are unemployed, lack of public transportation and the small fish storage .

Keywords: Leadership, Optimization, “Depo Pemasaran Ikan†(DPI)

Abstrak : Kepemimpinan dan Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan (Studi Kasus Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Kepemimpinan Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul serta faktor-faktor yang memengaruhi dari Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif. Metode deskriptif untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dalam hal ini penulis menggambarkan Kepemimpinan dan Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan (Studi Kasus Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo). Berdasarkan hasil dan pembahasan, penulis menyimpulkan dua hal penting. Pertama, Kepemimpinan di Depo Pemasaran Ikan Kabupaten sidoarjo, dalam kepemimpinan di Depo Pemasaran Ikan belum maksimal dikarenakan untuk komunikasi, pengawasan, pengarahan dan pengambilan keputusan belum maksimal untuk mengoptimalkan usaha para pedagang. Kedua, Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Kabupaten Sidoarjo, dalam Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Kabupaten Sidoarjo belum optimal dikarenakan masih banyaknya para SDM di Depo Pemasaran Ikan yang belum mengetahui standar kehigienisan ikan, banyaknya Sarana dan Prasarana bangunan yang menganggur, kurangnya transportasi umum dan kecilnya tempat penyimpanan ikan.

Kata kunci : Kepemimpinan, Optimalisasi, Depo Pemasaran Ikan

Downloads

Published

2013-07-20

Issue

Section

Articles