Strategi PT. PLN (Persero) dalam Pemenuhan Tenaga Listrik dan Peningkatan Pelayanan pada Masyarakat di Pulau Giligenting Kabupaten Sumenep (Studi pada PLTD Sub Rayon Giligenting)

Authors

  • Ahmad Fiki Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: The Strategy of PT. PLN (Persero) in Power Fulfillment and Public Service Improvement at Giligenting Island Sumenep Regency. Public demands for improved services require service providers for provide optimal service, in terms of procedure or service procedures organized with easy, smooth, fast and uncomplicated and can be understood and implemented. If the service concept can be realized and understood by the company will certainly improve the quality of service and create customer satisfaction. This study aims to describe and analyze the strategies that made ​​PLTD Sub Rayon Giligenting and identify the constraints that affect the fulfillment of electric power and an increase in services to the community in Giligenting Island. In this research, the writer uses descriptive method with qualitative approach. The strategy undertaken by the PLTD Sub Rayon Giligenting is in the field of electric power and fulfillment services field. Results of electrical power fulfillment strategy and service improvement undertaken by the PLTD Sub Rayon Giligenting is perceived to be quite successful according to the customer, although not fully proven, with some opinions that were satisfied with the services provided by the PLTD Sub Rayon Giligenting. Thus, the public is expected to understand the importance of electrical energy so it can keep and use for development on the Giligenting island.

Keywords: Public Service Management, Public Service, Customer Satisfaction

 

Abstrak: Strategi PT. PLN (Persero) dalam Pemenuhan Tenaga Listrik dan Peningkatan Pelayanan pada Masyarakat di Pulau Giligenting Kabupaten Sumenep. Tuntutan masyarakat akan peningkatan pelayanan mengharuskan penyedia layanan untuk memberikan pelayanan maksimal, dalam artian prosedur atau tata cara pelayanan diselenggarakan dengan mudah, lancar, cepat dan tidak berbelit-belit serta dapat dipahami dan dilaksanakan. Jika konsep pelayanan tersebut dapat terwujud dan dipahami oleh perusahaan tentu akan meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan PLTD Sub Rayon Giligenting dan mengidentifikasi kendala-kendala yang mempengaruhi dalam pemenuhan tenaga listrik dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Pulau Giligenting. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun strategi yang dilakukan oleh PLTD Sub Rayon Giligenting adalah pada bidang pemenuhan tenaga listrik dan bidang pelayanan. Hasil dari strategi pemenuhan tenaga listrik dan peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh PLTD Sub Rayon Giligenting tersebut dirasakan cukup berhasil menurut pelanggan walaupun tidak sepenuhnya terbukti, dengan beberapa pendapat yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PLTD Sub Rayon Giligenting. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat memahami betapa pentingnya energi listrik sehingga dapat menjaga dan memanfaatkannya untuk pembangunan di Pulau Giligenting.

Kata Kunci: Manajemen Pelayanan Publik, Pelayanan Publik, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2013-08-20

Issue

Section

Articles