Analisis Kualitas Pelayanan Retribusi Parkir Berlangganan (Studi di Dinas Perhubungan perihal Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Yulia Febrianti Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: Analysis Service Quality Retribution Subscription (Study in Transportation Department Regarding Subscription in Sidoarjo): Public service still be problems that need to gain attention comprehensively, and settlement especially in indonesia. The main issue public services that develops inside lead to still lower the quality of services provided by government officials. One of them is interesting to be researched the parking subscription services in sidoarjo.   This research conducted based on fact field related peoples complaint about service subscription considered less and need to be improved. See the problem need of renewed efforts by to improve services subscription.  The purpose of this study is to analyze and define ecological quality of service subscription and parking what kind of factors are an obstacle in the operation of the parking services subscribe in Sidoarjo to find what efforts should be made to improve the quality of service subscription parking. This research uses qualitative research methods with types of descriptive research.  The focus in this study is that (1) the operation of the parking services subscribe Sidoarjo, (2) the factors constraints in the parking service subscribe in Sidoarjo and (3) that efforts should be made to Department of Transportation agenda of improving the quality of service to the user subscription services parking parking subscription. The results of this study indicate that the operation of the parking service subscribe in Sidoarjo needs to be improved.

Keyword: analysis service quality, retribution subscription, department of transportation

Abstrak: Analisis Kualitas Pelayanan Retribusi Parkir Berlangganan (Studi di Dinas Perhubungan perihal Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo): Pelayanan publik masih menjadi persoalan yang perlu memperoleh perhatian dan penyelesaian secara komprehensif, terutama di Indonesia. Isu utama pelayanan publik yang berkembang didalamnya mengarah pada masih adanya kualitas pelayanan yang rendah yang diberikan oleh aparatur pemerintah. Salah satunya yang menarik untuk diteliti adalah penyelenggaraan layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fakta dilapangan terkait keluhan masyarakat tentang pelayanan parkir berlangganan yang dinilai kurang dan perlu ditingkatkan. Melihat permasalahan tersebut perlu adanya upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan parkir berlangganan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan parkir berlangganan dan faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo untuk menemukan upaya apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan parkir berlangganan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Fokus dalam penelitian ini ialah (1)Penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan Kabupaten Sidoarjo, (2)Faktor kendala dalam layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo dan (3)Upaya-upaya yang harus dilakukan Dinas Perhubungan untuk agenda meningkatkan kualitas pelayanan parkir berlangganan kepada pengguna jasa parkir berlangganan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo perlu untuk ditingkatkan.

 

Kata kunci: analisis kualitas pelayanan, retribusi parkir berlangganan, Dinas Perhubungan

Downloads

Published

2013-08-20

Issue

Section

Articles