Studi Penggunaan Media Massa Televisi Oleh Partai NasDem Dalam Memperoleh Dukungan Publik

Authors

  • Citra Purnamasari Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Study of The Use of Mass Media Television by Partai NasDem in Gaining Public Support. The purpose of this research is to explain the relationships and  influence the use of mass media television by Partai NasDem in gaining public support to Mojoroto Village, Banyuwangi District. Research method uses eksplanatory methods with a quantitative approach. From the research using multiple correlation analysis, multiple linear regression, F test, and t test, each obtained the value of a Coefficient Correlation (R) of 0,906, Coefficient R Square (R2) of 0,865, Fcount value of 120,811, and tcount value of each variable of 3,862, 3,410, 4,589, 3,175, and 2,413. It showed that between variables X and Y have a very strong level correlation and have a very big influence on value. It means that the use of political advertising by Partai NasDem to attract public support have been ineffective done in the Mojoroto Village, and proved to give an enormous impact on the behavior of support from the public.

 

Keywords: Politic advertising, Public support

 

Abstrak: Studi Penggunaan Media Massa Televisi oleh Partai NasDem dalam Memperoleh Dukungan Publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh penggunaan media massa televisi oleh Partai NasDem dalam memperoleh dukungan publik pada masyarakat Desa Mojoroto, Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian menggunakan eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian menggunakan analisis korelasi berganda, regresi linier berganda, uji F, dan uji t, masing-masing diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,906, Koefisien R Square (R2) sebesar 0,865, nilai Fhitung sebesar 120,811, dan nilai thitung masing-masing variabel sebesar 3,862, 3,410, 4,589, 3,175, dan 2,413. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat dan memiliki nilai pengaruh yang sangat besar. Ini berarti bahwa penggunaan iklan politik oleh Partai NasDem untuk menarik dukungan publik telah efektif dilakukan di Desa Mojoroto, dan terbukti memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku dukungan dari masyarakat.

 

Kata Kunci: Iklan politik, Dukungan publik

 

Published

2013-10-20

Issue

Section

Articles