Reformasi Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan Listrik Rumah Tangga di PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota)

Authors

  • Eka Prasetya Sari Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Reformation of Public Services (Study of Electric Household Services in PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota). Electricity is a basic requirement of modern society. The increasing population have an impact of increase in electricity consumption. The reformation that have done by PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota to improve the quality of public services, viewed from structures and procedures, employee’s attitudes and behaviour. In implementing reformation process of public services, PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota experiencing some obstacles and also many supports from internal (seperti) Hands-on leadership, educated and trained employees and external by participated actively watching contractor’s field workers who have picked by PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota. The result of the research is indicates that reformation of public services which implimented in  PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota is a good one, this is evidenced with the existence of a structure reform by cutting two areas and increasing the number of human resources for engineering services in the field. Gaining success of reformation that have implemented by PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota is supported with good public service, it’s seen that they have a spesific target and foundation of work.

Keywords:Electric household, Public service, Reform

Abstrak: Reformasi Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan Listrik Rumah Tangga di PT. PLN (Persero) Rayon Malang Kota). Listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat modern. Meningkatnya pertumbuhan penduduk berpengaruh pada banyaknya permintaan pelayanan listrik. PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota salah satu rayon yang memberikan pelayanan listrik di Kota Malang. Reformasi yang dilakukan PT.PLN (Persero)  Rayon Malang Kota untuk meningkatkan pelayanan publik, dilihat dari struktur  dan prosedur, sikap & perilaku pegawai. Dalam melakukan reformasi pelayanan publik PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota juga mengalami hambatan  serta dukungan baik dari dalam seperti Kepemimpinan yang terbuka, pegawai yang berpendidikan dan terlatih maupun dari luar seperti partisipasi dari masyarakat yang ikut serta aktif mengawasi pekerja lapangan yang dilakukan oleh pemborong yang telah ditunjuk oleh PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota. Kesimpulan reformasi pelayanan publik yang dilakukan PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota sudah berhasil. Keberhasilan ini dilihat dari hasil adanya reformasi struktur yang memangkas dua bidang dan menambah jumlah SDM di bidang pelayanan teknik. Keberhasilan reformasi juga didukung dengan adanya target maupun landasan kerja.

Kata kunci : Listrik rumah tangga, Pelayanan publik, Reformasi

Published

2013-11-20

Issue

Section

Articles