Upaya Petugas dalam Pelayanan Pengujian Kelayakan Kendaraan Bermotor Guna Keselamatan Angkutan Jalan (Studi pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo)

Authors

  • Danizar Robbi Firly Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstact: Officer Effort for the Operation Care Eligibility to Motor Vehicle Safety Road Transport. The purpose of this study is to describe and analyze the performance of officials in the Implementation of Motor Vehicle Inspection Service For Safety of Road Transport and the supporting factors and obstacles in testing motor vehicle in Situbondo regency. This type of research is descriptive qualitative. From the results of this study indicate that the Motor Vehicle Inspection Organization in Situbondo regency have a good standard , clear procedures and mechanisms are concise and potential still to be developed . Additionally the course of testing depends on the ability of workers testing , time of completion and compliance costs in terms of accuracy duty service is performed quickly by default but in practice there are obstacles that can not run optimally.

Keywords: officer effort, transportation, testing, feasibility

Abstak: Upaya Petugas dalam Pelayanan Pengujian Kelayakan Kendaraan Bermotor Guna Keselamatan Angkutan Jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa upaya petugas dalam penyelenggaraan pelayanan pengujian kelayakan kendaraan bermotor untuk keselamatan angkutan jalan serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengujian kendaraan bermotor di Kabupaten Situbondo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penyelenggaraan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Situbondo mempunyai standar yang cukup baik, prosedur yang jelas dan mekanisme yang ringkas dan masih potensial untuk dikembangkan. Selain itu jalannya pengujian sangat tergantung dengan kemampuan para petugas uji, waktu penyelesaian serta kesesuaian biaya pelayanan dalam hal ketepatan tugas sudah dilakukan dengan cepat sesuai standar namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala sehingga tidak dapat berjalan secara optimal.

Kata kunci: upaya petugas, transportasi, pengujian, kelayakan

 

Published

2013-12-20

Issue

Section

Articles