Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Dalam Rangka Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Perusahaan Daerah Air Minum Kota Batu)

Authors

  • Narendra Wisti Dhanika Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Service of Drink Water Local Company to Produce Good Corporate Governance (A Study at PDAM of Batu City). Drink Water Local Company (PDAM) is one of local-owned enterprises (BUMD) which is established to serve the main demand of human, which is water. In practice, PDAM faces many problems during its service delivery.. Research type is qualitative descriptive. This research is aimed to understand type of services given PDAM of Batu City, the application of Good Corporate Governance principles, and the factors constraining the application. Result of research indicates that the application of Good Corporate Governance principles by PDAM of Batu City is already good but there are weaknesses and barriers during the implementation. Based on these results, it may be suggested that PDAM of Batu City must apply Good Corporate Governance principles in formally juridical fashion. PDAM of Batu City shall socialize, provide training and education, and conduct fostering program to all employees of PDAM of Batu City to maximize or to optimize their service to customer.


Keywords: service,pdam, good corporate governance, batu city.

 

Abstrak: Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Dalam Rangka Mewujudkan Good Corporate Governance ( Studi Perusahaan Daerah Air Minum Kota Batu ). Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan salah satu bentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertugas melayani kebutuhan utama manusia yaitu air. Dalam pelaksanaanya PDAM banyak memiliki permasalahan dalam melayani masyarakat. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jenis pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Kota Batu dan Penerapan prinsip prinsip Good Corporate Governance serta faktor faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Good corporate governance secara umum PDAM Kota Batu sudah bagus dalam penerapan prinsip prinsip Good Corporate Governance ini namun masih terdapat beberapa kekurangan dan kendala kendala dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan PDAM Kota Batu untuk lebih menerapkan prinsip prinsip good corporate governance secara yuridis formal. Selain itu PDAM sebaiknya melakukan sosialisasi dan diklat maupun pembinaan kepada seluruh pegawai PDAM Kota Batu agar penerapan nya lebih maksimal dan menyeluruh sehingga dapat menjadikan pelayanan yang lebih baik pada pelanggan.

Kata kunci: pelayanan, pdam, good corporate governance, batu city

Published

2013-12-20

Issue

Section

Articles