Peningkatan Kualitas Pelayanan Kereta Api Melalui Boarding Pass (Studi Pada PT KAI Daop VIII Surabaya)

Authors

  • Yudistira Bagus Prakoso Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: The Effort to Improve Railroad Service Quality through Boarding pass (A Study at PT KAI Daop VIII Surabaya). The importance of transportation for public service is the background of research. Transportation is the artery of political, economical, social, and cultural and defense lives. One form of the required transportation is railroad which is known as mass transportation device. The management of railroad has attempted to meet the demand of improved service quality and increased accessibility. The service given through boarding pass is aimed at eliminating the practice of railroad ticket scalping. Research is descriptive with qualitative approach. Result of research on the implementation of boarding pass by PT Kereta Api Daop VIII Surabaya indicates that the superior public service quality may be given with some aspects supporting this program. These aspects included transparency, accountability, conditional, participative, right equality, right balance and obligation. Through the presence of superior service quality, good public service will be enjoyed by the community or the user of railroad transportation service.


Keywords:
service quality, railroad, boardimg pass

 

Abstrak: Peningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api Melalui Boarding pass (Studi Kasus Pada PT KAI Daop VIII Surabaya). Penelitian ini dilakukan karena pentingnya kebutuhan transportasi dalam pelayanan publik. Sebab transportasi sebagai alat kehidupan politik, ekonomi, soial, budaya dan pertahanan. Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang paling digemari oleh masyarakat. Sebagai wujud peningkatan kualitas pelayanan dan kemudahan akses salah satunya dengan memberlakukan peraturan baru mengenai boarding pass, hal tersebut diharapkan mampu menghilangkan praktek percaloan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pelayanan dalam pelaksanaan boarding pass yang dilakukan oleh PT KAI Daop VIII Surabaya untuk mencapai kualitas pelayanan publik yang baik, maka diterapkan aspek aspek tersebut meliputi: transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Sehingga dengan adanya kualitas pelayanan yang baik maka pelayanan publik yang baik dapat dinikmati oleh masyarakat atau pengguna jasa kereta api.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan, kereta api, boardimg pass

Published

2013-12-20

Issue

Section

Articles