Aplikasi Program Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

Authors

  • Sulistyani Komalasari Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi,Universitas Brawijaya,Malang

Abstract

Abstract: Application of Personnel Management Information System (SIMPEG) Program (Study of Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). SIMPEG is a program created to address some of the challenges that will occur in personnel administration in Indonesia in the future, the aim is to assist in the management of employee data information which can generate valid data, integrated and cutting-edge. One government instation is implementing SIMPEG Employment Agency (BKD) Malang, Malang BKD purpose implement the program to provide personnel information that is valid, transparent and professional to the Civil BKD Malang. Malang Regional Employment Board also considers SIMPEG program as a container for personnel who want to know the personnel information in one system. When the program is not implemented SIMPEG will bring up the impact that could destabilize the information and if you still use the manual method will mislead the archives at BKD Malang risk of being lost in the event of fire and other threat factors, and cause the performance of civil servants in Malang BKD ineffective and efficiently. Thus the need for further assessment of the application program at BKD SIMPEG Malang. The results of research on the application program at BKD SIMPEG Malang showed no inhibiting factors, namely technical and operational issues eg confusion in operationalising the program causing the staff of BKD Malang still do not understand the procedure. In addition there are several contributing factors in the application program is mastery SIMPEG employee on information technology, technological means, the amount of resources and the security and confidentiality of data.

Keyword: Personnel Administration, Information Management, SIMPEG Program

Abstrak: Aplikasi Program Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. SIMPEG adalah suatu program yang dibuat untuk menjawab beberapa tantangan yang akan terjadi pada administrasi kepegawaian di Indonesia pada masa yang akan datang, tujuannya adalah untuk membantu dalam pengelolaan informasi data kepegawaian yang dapat menghasilkan data yang valid, terintegrasi dan mutakhir. Salah satu instansi pemerintahan yang menerapkan SIMPEG adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, tujuan BKD Kota Malang menerapkan program tersebut untuk memberikan informasi kepegawaian yang valid, transparan dan profesional kepada Pegawai Negeri Sipil BKD Kota Malang.  Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang juga menganggap program SIMPEG sebagai suatu wadah bagi aparatur yang ingin mengetahui informasi-informasi kepegawaian dalam satu sistem. Ketika program SIMPEG ini tidak diterapkan akan memunculkan dampak yang dapat mengganggu kestabilan informasi dan jika masih memakai cara manual akan meyebabkan arsip-arsip di BKD Kota Malang terancam hilang jika terjadi kebakaran dan faktor ancaman lain, serta menyebabkan kinerja PNS di BKD Kota Malang menjadi tidak efektif dan efesien. Maka dari itu perlu adanya pengkajian lebih lanjut mengenai aplikasi program SIMPEG di BKD Kota Malang. Hasil penelitian tentang aplikasi program SIMPEG di BKD Kota Malang menunjukkan ada faktor penghambat yaitu permasalahan teknis operasional misalkan kebingungan dalam mengoperasionalkan program ini sehingga menyebabkan staf dari BKD Kota Malang masih tidak memahami prosedurnya. Selain itu ada beberapa faktor pendukung dalam aplikasi program SIMPEG tersebut yaitu penguasaan pegawai terhadap teknologi informasi, sarana teknologi, jumlah sumber daya dan keamanan dan kerahasiaan data.

Kata kunci: Administrasi Kepegawaian, Pengelolaan Informasi, Program SIMPEG

Downloads

Published

2014-04-20

Issue

Section

Articles