Peran Stakeholder dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal melalui Industri Kecil dan Menengah (IKM) (Studi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kota Kediri)

Authors

  • Rischi Agustina Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Role of Stakeholders in Improving Local Economy through Small and Medium Industries (Studies in the Department of Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kota Kediri). To boost the economy is necessary to Kediri Industri Kecil dan Menengah (IKM), which is IKM is one solution to overcome the problems of Kediri economy highly dependent on industries such as Gudang Garam. In addition, many of the problems faced by IKM maximal Kediri as the role of government, private and community impact on IKM development itself. To develop the necessary role of IKM Kediri and synergy among stakeholders so as to improve the local economy Kediri.

Keywords: Industri Kecil dan Menengah (IKM), stakeholders, local economic development


Abstrak: Peran Stakeholder dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal melalui Industri Kecil Menengah (Studi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kota Kediri). Untuk meningkatkan perekonomian Kota Kediri diperlukan adanya Industri Kecil dan Menengah (IKM), dimana IKM ini merupakan salah satu solusi mengatasi permasalahan perekonomian Kota Kediri yang sangat tergantung pada industri besar seperti Gudang Garam. Selain itu juga banyak dustpermasalahan yang dihadapi oleh IKM Kota Kediri seperti kurang maksimalnya peran pemerintah, swasta dan masyarakat yang berdampak pada pengembangan IKM itu sendiri. Untuk mengembangkan IKM Kota Kediri diperlukan peran dan sinergi antara stakeholder sehingga mampu meningkatkan perekonomian lokal Kota Kediri.

Kata Kunci: Industri Kecil Menengah (IKM), stakeholder, pengembangan ekonomi local

 

Downloads

Published

2014-05-20

Issue

Section

Articles