Social Capital dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dinas dan Desa Pakraman (Studi di Desa Mengwi Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Bali)

Authors

  • Henny Prasetyowati Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Social Capital In Government Administration of the Dinas and Pakraman Village (Study at Desa Mengwi Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Bali). Bali village administration system that is different from the whole village with the existence of Dinas and Pakraman village. The existence of these two governments is running in tandem with the support of the community. The support of this community is one of the forms of existence of social glue. Social glue that is called with social capital. The existence of social capital, which in turn supports the implementation of the Dinas and Pakraman village. The existence of social capital of the community Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Bali is viewed from four aspects, namely the trust, norms and values, link or network, or local wisdom and local knowledge. Which is clearly visible in the daily lives of Mengwi village community directly or indirectly support the implementation of the government administration of the Dinas and Pakraman village.

 

Keywords: Social Capital, The Government Village, Pakraman

 

Abstrak: Social Capital dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dinas dan Desa Pakraman (Studi di Desa Mengwi Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Bali). Sistem pemerintahan desa di Bali yang berbeda dengan desa pada umumnya dengan adanya pemerintahan desa dinas dan desa pakraman. Adanya dua pemerintahan ini berjalan secara beriringan dengan dukungan dari masyarakat. Dukungan dari masyarakat ini adalah salah satu bentuk adanya perekat sosial. Perekat sosial yang ada dinamakan dengan social capital. Adanya social capital ini yang pada akhirnya mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa dinas dan desa pakraman tersebut. Keberadaan social capital masyarakat Desa Mengwi Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung ini dilihat dari empat aspek, yakni trust atau kepercayaan, norma dan nilai, link atau jaringan, dan local wisdom atau kearifan lokal. Yang jelas terlihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Mengwi secara langsung maupun tidak langsung menunjang terselenggaranya pemerintahan desa dinas dan desa pakraman.

 

Kata Kunci: Social Capital, Pemerintahan Desa, Pakraman.

Published

2014-05-20

Issue

Section

Articles