Efektivitas Program Surabaya Single Window (SSW) dalam Pelayanan Publik : Perspektif E-Government (Studi Tentang Perijinan Online Di Kota Surabaya)

Authors

  • Rindri Andewi Gati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Abstract

Abstract: Effectiveness of the Surabaya Single Window (SSW) Program in Public Service: Perspectives of E-Government (Study of Online Licensing in Surabaya). Information and communication technology are rapidly growing affecting the bureaucracy to use it as a means of improving performance as a public servant. One of the practice can be found in Surabaya. The new licensing service called Surabaya Single Window (SSW) is one of the steps taken by the government of Surabaya within the framework of the implementation of e-Government and make it easier to take care of all the licensing application. The results showed that the implementation of this program has not been effective SSW to tackle licensing issues that occur in Surabaya. Online service perceived could not be accessed by all citizens with different levels of technological mastery. So did the problems in the field of human resources and organizational culture that is still difficult to change. Although the program has some problems but its existence is able to convince the public that the new licensing process is more faster, easier, and transparent.

Keywords: effectiveness, public service, e-government, SSW

 

Abstrak: Efektivitas Program Surabaya Single Window (SSW) dalam Pelayanan Publik : Perspektif E-Government (Studi tentang Perijinan Online di Kota Surabaya). Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang dengan pesat mempengaruhi birokrasi untuk memanfaatkannya sebagai salah satu sarana meningkatkan kinerja sebagai pelayan publik. Salah satu prakteknya bisa ditemui di Kota Surabaya. Pelayanan perijinan baru bernama Surabaya Single Window (SSW) merupakan salah satu langkah yang diambil Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka pelaksanaan e-Government dan memudahkan semua pihak untuk mengurus permohonan perijinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program SSW ini belum efektif untuk menanggulangi permasalahan perijinan yang terjadi di Surabaya selama ini. Pelayanan secara online dianggap tidak bisa diakses oleh semua masyarakat dengan tingkat penguasaan teknologi yang berbeda. Begitu pun permasalahan di bidang SDM serta budaya organisasi yang masih susah diubah. Meskipun program ini memiliki beberapa kendala namun keberadaannya mampu meyakinkan masyarakat bahwa proses perijinan yang baru lebih cepat, mudah, dan transparan.

Kata kunci: efektivitas, pelayanan publik, e-government, SSW

Published

2014-06-20

Issue

Section

Articles