Impementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Authors

  • Siti Mudhalifah Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Implementation of Society Administration Information System To Improve the Quality Of Public Services (Studies on Department of Population and Civil Registration Malang). Public services in the field of population administration is one of the tasks of public service performed by the local government in order to serve the public. To assist various jobs completion in population registration that according the standards require, the government create a new system that called Society Administration Information Systems. The aims to Society Administration Information System in improving the quality of public services. This study uses descriptive qualitative approach. The results of research in the Department of Population and Civil Registration Malang, researcher can draw the conclucion that the service provided by the presence of the Society Administration Information System is good enough, because it's obvious that their service delivery mechanisms and the presence of facilities and infrastructure that supports the process of service delivery in order to improve the quality of public service.

Keywords: Service, Service Quality, Society Administration Information Systems

Abstrak: Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melayani masyarakat. Untuk membantu berbagai pekerjaan mengenai pendaftaran kependudukan yang sesuai dengan berbagai standar yang diperlukan maka pemerintah membuat suatu sistem baru yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Tujuan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan adalah untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang dapat diperoleh bahwa pelayanan yang diberikan dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dapat dikatakan baik, karena mekanisme pelaksanaan pelayanannya sudah jelas dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pelaksanaan pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan.

Kata kunci: Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan

 

Published

2014-07-20

Issue

Section

Articles