STRATEGI KAMPANYE PASANGAN WALIKOTA - WAKIL WALIKOTA PADA PEMILUKADA KOTA MALANG TAHUN 2013 (Studi Perbandingan Terhadap Strategi Kampanye Tim Sukses Pasangan M. Anton - Sutiaji dan Sri Rahayu - RB. Priyatmoko)

Authors

  • Septea Andre Adyana Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstrac: The Campaign Strategy of The Partner for Mayor-Vice Mayor on Election  of Kota Malang 2013 (Comparative Study a Campaign Strategy by Successful Team’s for The Partner M.Anton-Sutiaji and Sri Rahayu-RB Priyatmoko). The great  name of a party is not necessarily can give good results in elections. So the campaign  strategy in elections is very important to do by successful team’s candidates for the mayor-vice mayor  for won a democratic party. This study compares a successful team’s for M.Anton-Sutiaji and Sri Rahayu-Priyatmoko. The result showed that the campaign strategy was presented is almost  same is about education and health. But the difference is in terms of political marketing and political communication from M.Anton –Sutiaji team’s is more better than the team’s of Sri Rahayu-Priyatmoko. The good strategy from successful team’s M.Anton-Sutiaji is pilgrimage to the Wali Limo and gymnastics healthy with umrah prizes. The key is a successful team must have a political marketing and political communication in terms of activities, media, finance, and campaign directly to the peoples.

Keywords: campaign strategy, political marketing, political communication

Abstrak: Strategi Kampanye Pasangan Walikota-Wakil Walikota pada Pemilukada Kota Malang Tahun 2013 (Studi perbandingan terhadap Strategi kampanye Tim Sukses M.Anton-Sutiaji dan Sri Rahayu-RB Priyatmoko). Nama besar sebuah partai belum tentu memberikan efek yang berbanding lurus dengan calon yang diusung dalam Pemilukada. Sehingga strategi kampanye dalam Pemilukada  merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh tim sukses pasangan calon Walikota-Wakil Walikota untuk memenangkan sebuah pesta demokrasi. Penelitian ini membandingkan strategi tim sukses M.Anton-Sutiaji dan Sri Rahayu-Priyatmoko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye yang disampaikan relatif sama tentang pendidikan dan  kesehatan. Tetapi yang membedakan adalah dari segi marketing politik dan komunikasi politik tim M.Anton-Sutiaji itu lebih unggul dibanding tim Sri Rahayu-Priyatmoko. Strategi yang baik dari tim sukses M.Anton-Sutiaji adalah ziarah Wali Limo dan jalan sehat berhadiah umroh.  Kuncinya adalah  tim sukses harus punya marketing politik  dan  komunikasi politik yang baik dari segi kegiatan, media, pendanaan, dan kampanye langsung ke masyarakat.

Kata Kunci: strategi kampanye, marketing politik, komunikasi politik

Published

2014-08-20

Issue

Section

Articles