Skenario Kebijakan Pengembangan Energi Baru Terbarukan Dalam Upaya Menjaga Ketahanan Energi Nasional Dan Membangun Green Energy Constellation Hingga Tahun 2025 (Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementeria

Authors

  • Nurul Yaqin Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Scenario Development of Renewable Energy Policy in the National Energy Security in Order to Maintain and Build Green Energy Constellation Until 2025 (Studies in the Directorate General of New Renewable Energy and Energy Conservation, Ministry of Energy and Mineral Resources, Central Jakarta).The need for energy is directly proportional to population growth and economic growth. Therefore, the energy resources for the needs of the population must be maintained, so that people’s activities are not disrupted. Today, Indonesia's energy supply is dominated by fossil energy sources, that are not environmentally friendly and can not be regenerated. There needs to be a substitute for fossil energies, knowing that in the next few years the fossil fuels will run out, and will not be able to support the national energy supply again. And for the substitute of fossil energy is renewable energy. That energy has the properties of an environmentally friendly, renewable, and abundant numbers. Therefore strong efforts are needed from the government through the Ministry of ESDM. Knowing that renewable energy is the future energy, then the scenario formulation is the most appropriate step to see the future condition of the national energy.


Keywords: renewable energy, policy scenario, economic growth

 

Abstrak: Skenario Kebijakan Pengembangan Energi Baru Terbarukan dalam Upaya Menjaga Ketahanan Energi Nasional dan Membangun Green Energy Constellation Hingga Tahun 2025 (Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta Pusat) Kebutuhan energi selaras dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu pasokan energi untuk kebutuhan masyarakat perlu dijaga, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. Akan tetapi pasokan energi Indonesia saat ini didominasi oleh sumber energi fosil, yang sifatnya tidak ramah lingkungan dan tidak bisa diperbarui. Perlu adanya pengganti energi fosil mengingat dalam beberapa tahun kedepan energi fosil akan habis, tidak akan mampu lagi menunjang pasokan energi nasional. Pengganti energi fosil tersebut adalah energi baru terbarukan. Yaitu energi yang mempunyai sifat ramah lingkungan dan bisa diperbarui, dan jumlahnya melimpah. Dari sini perlu upaya kuat dari pemerintah melalui Kementerian ESDM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi dan potensi energi baru terbarukan dan energi saat ini untuk merumuskan sebuah skenario kebijakan dalam pengembangan energi baru terbarukan. Melihat energi baru terbarukan adalah energi masa depan, maka merumuskan skenario adalah langkah paling tepat untuk melihat kondisi masa depan dari keenergian nasional.

 

Kata kunci: energi baru terbarukan, skenario kebijakan, pertumbuhan ekonomi

Published

2014-09-20

Issue

Section

Articles