Peran dan Partisipasi Nahdlatul Ulama dalam Politik Lokal (Studi tentang Peran dan Partisipasi Politik Kiai dalam Pengelolaan Kekuasaan Pemerintahan di Kabupaten Gresik)

Authors

  • Yusuf Widodo Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Role and Participation of Nahdlatul Ulama in Local Politics (Studies on The Role and Participation Politician Kiai on Executive Power Management in Gresik). The role and participation of politician kiai NU in the power management is sort of reality. Nonetheless, the result of this study indicate that the role and participation of politician kiai NU can not maintain the executive power from the kiai NU. Internal conflict in the Branch Board of Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik causes public support for head of regional decreased. This study aims to describe and analyze the role and political participation in the management of executive power in Gresik.

 

Keywords: politician kiai, the role of politics, political participation, power management

 

Abstrak: Peran dan Partisipasi Nahdlatul Ulama dalam Politik Lokal (Studi tentang Peran dan Partisipasi Politik Kiai dalam Pengelolaan Kekuasaan Pemerintahan di Kabupaten Gresik). Peran dan partisipasi politik kiai NU dalam pengelolaan kekuasaan pemerintahan merupakan sebuah realitas. Kiai memiliki akses yang besar untuk menjalin hubungan, baik dengan masyarakat maupun dengan pemerintah. Meskipun demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan partisipasi politik kiai ternyata tidak dapat mempertahankan kekuasaan pemerintahan dari kalangan kiai Nahdlatul Ulama. Konflik internal dalam Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gresik membuat dukungan masyarakat terhadap calon kepala daerah dari kalangan kiai Nahdlatul Ulama menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran dan partisipasi politik kiai dalam pengelolaan kekuasaan pemerintahan di Kabupaten Gresik.

 

Kata Kunci: kiai politik, peran politik, partisipasi politik, pengelolaan kekuasaan

Published

2014-09-20

Issue

Section

Articles