Pendidikan Politik Untuk Mendorong Partisipasi Politik Masyarakat Di Pemilihan Legislatif 2014 (Studi di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Malang)

Authors

  • Bagus Wicaksono Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Political Education to Encouraged the Political Participation of Society in 2014 Legislative Elections (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Malang). This research aims to analyze and describe the Political Education to Encouraged the Political Participation of Society in 2014 Legislative Elections. The research method used a descriptive qualitative research method.  Analysis of study data using a Miles and Huberman interactive model. The results of the study showed that political education is conducted in the form of socializing with actors bring as givers of political education and posts any message recipient called political education goal. The benefits of this research is to develop theoretically existing theory about the relationship between public administration and political science, practically it can serve as a way to encourage  political participation of the society’s.

Keywords: political education, political participation of the society’s

 

Abstrak: Pendidikan Politik Untuk Mendorong Partisipasi Politik Masyarakat Di Pemilihan legislatif 2014 (Studi di Badan Kesatuan Bangsa da Politik Kabupaten Malang). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan politik untuk mendorong partisipasi politik masyarakat di pemilihan legislatif 2014. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif. Analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan politik dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan mendatangkan aktor-aktor sebagai pemberi pesan pendidikan politik dan ada penerima pesan yang disebut sasaran pendidikan politik. Manfaat penelitian ini secara teoritis untuk mengembangkan teori yang sudah ada mengenai hubungan antara administrasi publik dengan ilmu politik, secara praktis dapat dijadikan sebagai bahan cara mendorong partisipasi politik masyarakat.

 

Kata kunci: pendidikan politik, partisipasi politik masyarakat

Published

2014-08-20

Issue

Section

Articles