Penerapan Fasilitas Drop Box Sebagai Wujud Reformasi Administrasi Perpajakan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Malang)

Authors

  • Aulia Rezan Alfalakh Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Application of Drop Box Facility as The Realization of Tax Administration Reformation to Improve Public Service Quality (Study at Tax Service Office (KPP) of Madya Malang). Tax administration reformation is an improvement or a finishing of administration performance either within individual, group or organization, toward more efficient, economic, and faster manners. It seems that tax administration is reformed to increase the quality of service given to taxpayers which is then growing taxpayers’ awareness and trust in conducting tax obligation. An innovation considered is by improving tax acceptance through the submission of Annual Letter of Tax Payment (STP Tahunan) through drop box facility. The objective of research is to describe the effectiveness of drop box facility as the structure of SPT Tahunan for improvement of the quality of public service given at KPP Madya Malang. Result of research indicates that the facility can deliver primary service to taxpayers. Indeed, taxpayers are still enthusiastic to welcome drop box facility because drop box facility successfully provides effectiveness to taxpayers. What means by effectiveness is as follows: (1) STP Tahunan can be submitted in nearby places during daily activities of taxpayers; (2) It gives time flexibility; (3) It shortens the queue line in the SPT Tahunan counter. The supporting factors to drop box facility are reliable structure and infrastructure, socialization to the community about submission schedule, code of conduct for reporting, and selection for a potential location which is affordable by taxpayers.

Keywords: tax administration reformation, drop box facility, public service

Abstrak: Penerapan Fasilitas Drop Box sebagai Wujud Reformasi Administrasi PepajakanDalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Malang). Reformasi administrasi perpajakan perlu dilakukan untuk penyempurnaan atau perbaikan kinerja administrasi dalam memberikan pelayanan baik secara individu, kelompok, maupun kelembagaan agar lebih efektif, efisien dan ekonomis. Perbaikan pelayanan administrasi perpajakan dilakukan oleh DJP melalui KPP untuk meningkatkan jumlah penerimaan pajak, DJP perlu melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada WP yang nantinya akan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepercayaan WP dalam melaksanankan kewajiban perpajakannya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan cara melakukan pelaporan SPT Tahunan melalui fasilitas drop box. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ekektivitas fasilitas drop box sebagai sarana pelaporan SPT Tahunan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik pada KPP Madya Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas drop box mampu memberikan pelayanan prima kepada WP. Fasilitas drop terbukti mampu memberikan keefektivitasan bagi WP. Efektivitas tersebut adalah : 1) pelaporan SPT Tahunan dapat disampaikan ditempat-tempat terdekat dari aktivitas harian WP; 2) memberikan fleksibilitas waktu; 3) mempersingkat waktu antrean di loket penerimaan SPT. Selain ketiga hal tersebut, dalam pelaksanaannya fasilitas drop box didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang sudah mencakup seluruh kebutuhan WP dalam melaporkan SPT Tahunannya, sosialisasi kepada masyarakat tenteng waktu pelaksanaan, tata cara pelaporan, dan pemilihan lokasi pelaksanaan yang mudah dijangkau oleh WP.

Kata kunci : reformasi administrasi perpajakan, fasilitas drop box, pelayanan publik


Published

2014-09-20

Issue

Section

Articles