Institutional Capacity Building To Develop Public Service (Study at Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro Regency)

Authors

  • Bagus Hendy Suardana Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstrak: Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Untuk Mengembangkan Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro). Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro sebagai instansi pemerintah yang menyediakan layanan di bidang administrasi kependudukan perlu memperkuat kapasitas untuk mewujudkan layanan yang lebih baik. Salah satu fokus dari pengembangan kapasitas adalah peningkatan kapasitas kelembagaan. Dengan mengembangkan pembangunan kapasitas kelembagaan, mereka dapat meningkatkan pemerintah daerah dan juga melakukan kinerja yang baik bagi karyawan untuk memberikan pelayanan publik yang baik. Penelitian muncul dengan dua masalah utama, pertama Bagaimana pengembangan kapasitas kelembagaan yang dilakukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro. Kedua, tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengembangan kapasitas kelembagaan. Berdasarkan penelitian, pada hasil penelitian ini pengembangan kapasitas kelembagaan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegorodiketahui  telah dilakukan dengan baik dengan menganalisis struktur organisasi, perbaikan mekanisme kerja, memperkuat alokasi anggaran, penyediaan sarana dan prasarana, serta penyediaan prosedur operasi standar. Ada faktor-faktor seperti Kepemimpinan dan Komitmen Bersama yang menjadi faktor pendukung dan Kurangnya Reward dan Punishment juga Kurangnya Motivasi yang menjadi faktor penghambat.

Kata kunci: Kabupaten Bojonegoro, pelayanan publik, pengembangan kapasitas

Abstract: Institutional Capacity Building To Develop Public Service (Study at Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro Regency). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro Regency as the government agency that provides services in the field of population administration needs to strengthen the capacity to realize better service. One of focus from capacity building is  institutional capacity building. By developing an institutional capacity building, they can increasing local administration and also perform good performance for the employees to provide good public service. Thus research come up with two major problems, firstly How the institutional capacity building done in Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro Regency. Secondly, about the supporting and inhibiting factors in the process of institutional capacity building. Based on this research, the results of this research. the institutional capacity building in Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro Regency are done well by analyze organizational structure, improvement of the working mechanism, strengthening the budget allocation, provision of facilities and infrastructure, and provision of standard operating procedures. There are factors like Leadership and Shared Commitment that become supporting factors and Lack of Reward and Punishment also Lack of Motivation that become inhibiting factors.

 

Keywords: Bojonegoro Regency, public service, capacity building

Published

2014-12-20

Issue

Section

Articles