Evaluasi Kinerja Pelayanan Dinas Perhubungan Dalam Bidang Angkutan Umum Perkotaan (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang Provinsi Jawa Timur)

Authors

  • Arindra Hadi Sugianto

Abstract

Abstract

Human activities are accompanied by the movement and displacement of the place, so as to make the shift takes place far enough a transport. Transport (urban public transport) largely determine the development of an area, can facilitate the movement of human induced, goods, services and information. This study aims to describe the services to be run by urban public transport for the better. Research methods used in this research is descriptive research with qualitative approach. The results showed that the performance of the Department of transportation services in the field of public transport can be said to have been carried out in accordance with the applicable rules. The problem that arises is the only elementary are still able to be overcome through a sustainable approach undertaken by the Department of transportation by taking action against the officers who are in the service of transportation of Malang and the minibus driver were in the city of Malang.

Keyword: Service performance, public transport.

 

 


Abstrak

Aktifitas manusia yang disertai dengan pergerakan dan perpindahan tempat, sehingga untuk melakukan perpindahan tempat yang cukup jauh dibutuhkan suatu transportasi. Transportasi (angkutan umum perkotaan) sangat menentukan pengembangan suatu wilayah, disebabkan dapat memperlancar pergerakan manusia, barang, jasa serta informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan agar pelayanan yang dijalankan oleh angkutan umum perkotaan menjadi lebih baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan dinas perhubungan dalam  bidang angkutan umum bisa dikatakan telah dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Permasalahan yang muncul hanya bersifat elementer yang masih mampu diatasi melalui pendekatan yang berkelanjutan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan tehadap para pegawai yang ada di Dinas Perhubungan Kota Malang dan para sopir angkot yang ada di Kota Malang.

 

Kata kunci : Kinerja Pelayanan, Angkutan Umum Perkotaan

Downloads

Published

2013-03-20

Issue

Section

Articles