Peran Pemerintah Dalam Upaya Pengembangan UMKM Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo Di Kota Malang (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang)

Authors

  • Nur Hanifah Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Role of Government to UMKM Development Efforts Dinoyo Ceramic Craft Center in Malang (A Study at Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang). Based on the results of the research found UMKM development efforts pottery made​​ by Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang and the constraints affecting the development of UMKM Dinoyo ceramics, that is Implementation of education and training by Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang for all UMKM in Malang is good enough. This is proven by the program of Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang applying four types of training; Develop a network of cooperation for SMEs. The parties of Dinoyo ceramics cooperation with the government and the private sector; Provides an introduction to the products of UMKM to participate in exhibitions organized by the government, namely Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang.

Keywords: Role of Government, development, UKM

Abstrak: Peran Pemerintah dalam Upaya Pengembangan UMKM Sentra Keramik Dinoyo di Kota Malang (Studi Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan upaya-upaya pengembangan UMKM kerajinan keramik yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang serta hambatan yang mempengaruhi pengembangan UMKM kerajinan keramik dinoyo, yaitu Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang bagi seluruh UKM di Kota Malang sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan program dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang menerapkan empat jenis pelatihan; Mengembangkan jaringan kerjasama bagi UKM, dimana pihak dari keramik dinoyo menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah dan swasta; Memberikan pengenalan produk-produk UKM dengan mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah yaitu Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang.

Kata kunci: peran pemerintah, pengembangan, UMKM

 

Published

2015-02-20

Issue

Section

Articles