Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Elektronik Keliling Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)

Authors

  • Irfean Dwy Setianto Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Impact of Electronic Library Service Quality Towards User Satisfaction (Study in National Library of Indonesian Republic). This research aim to observe, explain, and analyze the impact of service quality e-mobile library variables including service affect, Library as place, Personal control and information access, particular and simultanously towards user satisfication. Types of research used  is explanatory research with quantitative approach. The sampling technique in this study prefers purposive sampling. The samples used are 100 respondent. Whereas analysis applied multiple linear regression, t-test, and F-test. Partially variables Library as place, Personal control, and Information access have significant effects, meanwhile Service affect doesn’t have significantly effect towards user satisfication. Simultanously, all of variabel dependent have significantly effect towards user satisfaction. Variable Information access is the most influential (dominant) variable towards user satisfaction.

Keywords: Service quality, E-mobile library, User satisfaction

Abstrak: Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Elektronik Keliling Terhadap kepuasan Pengguna (Studi pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengaruh variabel kualitas layanan Perpustakaan Elektronik Keliling yang terdiri dari service affect, library as place, personal control, dan information access secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengguna. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden. Perhitungan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f. Secara parsial variabel  librray as place, personal control, dan information access memiliki pengaruh secara signifikan,  sedangkan variabel  service affect tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan secara simultan semua variabel bebas kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama terhadap kepuasan pengguna. Variabel information access memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pengguna.

Kata kunci: Kualitas layanan, Perpustakaan elektronik keliling, Kepuasan pengguna

Published

2015-05-20

Issue

Section

Articles