Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Upaya Mensejahterakan Masyarakat (Studi pada Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)

Authors

  • Nur Asna Rohayati Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Implementation of the Family Hope Program (PKH) As efforts Welfare Society (Study on Prambon subdistrict Nganjuk regency)

Government made a lot of programs for the welfare of society. One of them is by making the Family Hope Program (PKH). This program is a conditional cash transfer program that was created by the government in cooperation with the five ministries to reduce poverty and improve people's welfare. Because it is so that not all the aid conditional RTSM receive this assistance but only RTSM who have children under five, pregnant women and children of school age. PKH formed from the year 2007 and is expected to run until 2015.The program is expected to help the government can provide health education and proper to require RTSM. Implementation of this expectation family program provide a great help to the community but that with the help of this prgram is able to change the mindset of society are less concerned about education become more aware of the importance of education. This assistance is also expected to meet the initial objective, to improve social welfare and reduce poverty.

Keywords: government program, PKH, public welfare

Abstrak: Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Upaya Mensejahterakan Masyarakat (Studi Pada Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)

Kesejahteraan Masyarakat adalah kunci agar negara menjadi maju. Oleh karena itu pemerintah banyak membuat program untuk mensejahterakan masyarakat. Salah satunya dengan membuat Program Keluarga Harapan (PKH). Program  ini adalah program bantuan tunai bersyarat yang dibuat oleh pemerintah yang bekerjasama dengan lima kementrian untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena merupakan bantuan bersyarat sehingga tidak semua RTSM menerima bantuan ini tetapi hanya RTSM yang mempunyai anak balita,  ibu hamil dan anak usia sekolah. PKH dibentuk dari tahun 2007 dan diharapkan bisa berjalan sampai tahun 2015. Dengan adanya program bantuan ini diharapkan pemerintah dapat memberikan pendidikan dan kesehatan yang layak kepada RTSM yang membutuhkan. Pelaksanaan dari program keluarga harapan ini memberikan bantuan besar terhadap masyarakat, selain itu dengan adanya program bantuan ini dapat merupah pola fikir masayarakat yang kurang peduli pendidikan menjadi lebih peduli akan pentingnya pendidikan. Bantuan ini juga diharapkan dapat memenuhi tujuan awalnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.

Kata Kunci : program pemerintah, PKH, kesejahteraan masyarakat

Published

2015-05-20

Issue

Section

Articles