Pelaksanaan Inovasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (Studi Pada Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

Authors

  • Intan Nur Hidayati Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Implementation of Innovations in Service-Based Population Administration Information Technology (Studies in the Village Tlogomas, Lowokwaru District, Malang). Administration of population is an important document that should be owned by residents to facilitate the government in conducting population census aimed to fulfill the human rights of everyone in a professional public service. To improve the quality of administrative services population, Kelurahan Tlogomas implementing administrative services innovation based on population information technology. The results showed that the implementation based of IT innovation in population administration undertaken by the Government of Kelurahan Tlogomas greatly simplify the society in the management of personal documents. Basically this innovation comes because of complaints societiy to receive services in accordance with the procedures and demands Tlogomas village to provide excellent service. So that in practice, this is very helpful innovation Kelurahan Tlogomas Government in improving the quality of service. In this study researchers suggest the need for training both technical and non-technical activities, optimizing the use of IT, and infrastructure improvements. Also needed socialization to inform the new service process, to minimize the discretion between society and government Kelurahan Tlogomas.

Keyword: Innovation, Public Service, the Population Administration, Quality of Service

Abstract : Pelaksanaan Inovasi dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi  (Studi pada Kelurahan Tlogomas, kecamatan Lowokwaru, Kota Malang) Administrasi kependudukan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki penduduk guna mempermudah pemerintah dalam melakukan pendataan penduduk yang diarahkan untuk memenuhi hak asasi masyarakat dalam pelayanan publik yang profesional. Untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas maka Pemerintah Kelurahan Tlogomas melaksanakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis IT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilaksanakannya inovasi berbasis IT dalam administrasi kependudukan yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Tlogomas sangat mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. Pada dasarnya inovasi ini hadir karena adanya keluhan masyarakat untuk menerima pelayanan yang sesuai dengan prosedur dan tuntutan Kelurahan Tlogomas untuk memberikan pelayanan yang prima. Sehingga dalam pelaksanaannya, inovasi ini sangat membantu Pemerintah Kelurahan Tlogomas  dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Namun tetap dibutuhkan perbaikan agar inovasi pelayanan tersebut dapat lebih sempurna antara lain  diadakannya pelatihan baik teknis maupun non-teknis, optimalisasi penggunaan IT, peningkatan sarana prasarana, serta sosialisasi untuk menginformasikan adanya proses pelayanan baru, sehingga meminimalisir diskresi antara masyarakat dengan pemerintah Kelurahan Tlogomas.

 

Kata Kunci : inovasi, pelayanan publik, administrasi kependudukan, kualitas pelayanan

Published

2015-05-20

Issue

Section

Articles