Upaya Peningkatan Pelayanan Guna Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Ekonomi Lokal (Studi Pada Stasiun Tulungagung Daerah Operasi Vii Madiun Dalam Pelayanan Terhadap Pengguna Jasa Kereta Api Ekonomi Lokal)

Authors

  • Putri Maya Risxi Istiarini Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract : The Efforts of  Service Improvment To Increase The Satisfaction of Local Economic Train Service Users (Study of  Tulungagung Train Station of  Madiun VII Operation Region in Serving the Local Economic Train Service Users). PT Kereta Api Indonesia has changed its manner of service that is given to users of train service, especially for local economic trains such as Dhoho Train (Blitar-Surabaya via Kertosono) and Penataran Train (Blitar-Surabaya via Malang) to increase the satisfaction of train service users. Tulungagung Station  is one of train station which has been changed. The implementation and evaluation of work program are given periodically in every week, Tulungagung Station has provided several supporting facilities to give pleasure to local economic train service users. Employee performance has been highly attended by Tulungagung Station and center. However, several things must still be attended, the approach to local economic train service users is lacking.

Keywords: service, the satisfaction of local economic train service users.

 

Abstrak: Upaya Peningkatan Pelayanan Guna Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Ekonomi Lokal (Studi pada Stasiun Tulungagung Daerah Operasi VII Madiun dalam Pelayanan terhadap Pengguna Jasa Kereta Api Ekonomi Lokal). Banyaknya perubahan yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa kereta api ekonomi lokal yaitu Kereta Api Dhoho (Blitar-Surabaya melalui Kertosono) dan Kereta Api Penataran (Blitar-Surabaya melalui Malang) untuk meningkatkan kepuasan pengguna jasa kereta api. Stasiun Tulungagung merupakan salah satu stasiun kereta api yang melakukan perubahan tersebut. Pelaksanaan serta evaluasi program kerja dilakukan secara rutin pada setiap minggu, Stasiun Tulungagung juga telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung  untuk memberikan kenyamanan terhadap pengguna jasa kereta api ekonomi lokal. Kinerja pegawai sangat diperhatikan oleh pihak Stasiun Tulungagung dan pihak pusat. Perubahan tersebut telah mampu memberikan kepuasan serta kenyamanan terhadap pengguna jasa kereta api ekonomi lokal. Namun masih banyak yang perlu diperhatikan, terlebih dengan masalah pendekatan dengan pengguna jasa kereta api ekonomi lokal yang dirasa masih kurang.

 

Kata kunci: pelayanan, kepuasan pengguna jasa kereta api ekonomi lokal.

Published

2015-06-20

Issue

Section

Articles