Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi Pada Kantor Camat Taman Kabupaten Sidoarjo) Vardha Evi Rismawati, Siti Rochmah, Andy Fefta Wijaya

Authors

  • Vardha Evi Rismawati Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Implementation of Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) in Izin Mendirikan Bangunan (IMB) service (Study at Kantor Camat Taman, Kabupaten Sidoarjo). Research background is many problems in the provision of public service to communities such as difficult prerequisites, to complicated mechanisms and procedures, and the integrated location of service office that seems hardly afforded by communities and also very supporting and obstacle factors.  From as the research results is the implementation of PATEN for IMB service is based on Operational Standard of Procedure (SOP) and Service Standard (SP) of Kecamatan Taman. The supporting factors are the application of pattern service of One Stop Service (PTSP) the availability of structures and infrastructures; and the innovation of public service which is realized by adding the service schedule in Saturday and the IMB Mobile innovation. The constraining factors are the lack of human resource or employees and the presence of service intermediary (middle persons).

Keyword: Public Service, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Abstrak: Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi Pada Kantor Camat Taman Kabupaten Sidoarjo). Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya permasalahan dalam penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat seperti persyaratan yang sulit, mekanisme dan prosedur yang berbelit-belit dan lokasi kantor pelayanan terpadu yang sulit dijangkau oleh masyarakat serta faktor pendukung maupun faktor penghambat. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi PATEN dalam pelayanan IMB telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP) Kecamatan Taman. Faktor pendukungnya adalah yaitu menerapkan pola Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), ketersediaan sarana dan prasarana, adanya inovasi dalam pelayanan publik yaitu menambah jam buka pelayanan pada hari sabtu dan inovasi IMB Mobile. Faktor penghambat antara lain: kurangnya jumlah sumber daya manusia atau pegawai masih terdapat biro jasa (calo).

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Published

2015-06-20

Issue

Section

Articles