Penerapan Good Governance Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Perspektif Asas Transparansi Dan Akuntabilitas Di Dinas Pendidikan Kota Batu)

Authors

  • Indy Aini Milladia Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: Good Governance Practice of the New Student Enrollment (Study of Perspective Transparency and Accountability Principle in Dinas Pendidikan in the City of Batu). In the program there is a principal that is an accordance same characteristics of good governance and public service in the implementation. Dinas Pendidikan as one of the public agency has provided information on the administration PPDB to school is already good. But the Dinas Pendidikan not transparency in providing PPDB information because the information is only given through circulars to school, not to the general public. PPDB implementation impressed old and expensive because it must go through a long process by Dinas Pendidikan. Accountability of Dinas Pendidikan can not feeled public because not transparency and proportionally. Dinas Pendidikan also haven’t tool to assess their performance for the public

Keywords: good governance, public service, the new student enrollment

 

Abstrak: Penerapan Good Governance dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Perspektif Asas Transparansi dan Akuntabilitas di Dinas Pendidikan Kota Batu).Pada program tersebut terdapat asas yang sesuai dengan karakteristik good governance serta pelayanan publik di dalam penyelenggaraannya. Dinas Pendidikan sebagai salah satu badan publik telah memberikan informasi tentang penyelenggaraan PPDB kepada sekolah dengan baik. Tetapi Dinas Pendidikan tidak dapat terbuka dalam memberikan informasi PPDB karena informasi hanya diberikan melalui surat edaran kepada sekolah, bukan kepada masyarakat luas. Proses penyelenggaraan PPDB oleh Dinas Pendidikan terkesan lama dan cukup mahal karena harus melalui proses yang panjang. Dengan demikian, pertanggungjawaban Dinas Pendidikan tidak bisa dirasakan oleh masyarakat karena ketidaketerbukaannya dan tidak dilakukan secara proporsional. Dinas Pendidikan juga tidak mempunyai sarana bagi masyarakat untuk menilai kinerjanya.

Kata Kunci: good governance, pelayanan publik, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Published

2015-07-20

Issue

Section

Articles