Upaya Gabungan Kelompok Tani untuk Meningkatkan Pemberdayaan Petani dalam Perspektif Administrasi Pembangunan (Studi pada Gabungan Kelompok Tani Pojokkulon Desa Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang)

Authors

  • Febri Nurul Fadila Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract : Farmers Group Association efforts to improve the empowerment of farmers in the perspective of development administration(Study on Pojokkulon Farmers Group Association Desa Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang ).This study  purposed to find out, describe and analyze farmers group association efforts to empowerment, empowernment result and also analyzed supporting and resistor factors  that effect. This research uses descriptive research with a qualitative approach, data  analysis interactive model.Results from this study suggest that efforts to improve the Gapoktan Pojokkulon empower farmers in the perspective of development administration covers development, capital lending and marketing of agricultural products and the empowerment results obtained by the increase in farming practices, productivity and income of farmers. Factors supporting Gapoktan efforts in the empowerment of farmers is government support and the availability of adequate infrastructure. Inhibiting factors Gapoktan efforts to increase the empowerment of farmers is the low quality of human resources and unpredictable weather.

Keywords: Agricultural Development, Farmers Group Association , Empowerment of Farmers

Abstrak : Upaya Gabungan Kelompok Tani untuk Meningkatkan Pemberdayaan Petani dalam Perspektif Administrasi Pembangunan (Studi Pada Gabungan Kelompok Tani Pojokkulon Desa Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis upaya pemberdayaan, hasil pemberdayaan dan menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung yang berpengaruh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Gapoktan Pojokkulon untuk meningkatkan pemberdayaan petani dalam perspektif administrasi pembangunan meliputi pembinaan, pemberian pinjaman modal dan pemasaran hasil pertanian dan hasil pemberdayaan yang diperoleh yaitu peningkatan cara bertani, produktivitas dan pendapatan petani. Faktor pendukung upaya Gapoktan dalam pemberdayaan petani adalah adanya dukungan dari pemerintah serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat upaya Gapoktan untuk meningkatakan pemberdayaan petani adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia dan cuaca yang tidak menentu.

 

Kata Kunci : Pembangunan Pertanian, Gabungan Kelompok Tani, Pemberdayaan Petani

Published

2015-09-20

Issue

Section

Articles